Menteri LHK Puji Program Revolusi Hijau Pemprov Kalsel

1518

KabarKalimantan, Banjarbaru – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Siti Nurbaya Bakar memuji program Revolusi Hijau yang terus berkembang.

Siti Nurbaya Bakar mengatakan, hutan kota di Kalimantan Selatan ini sudah dirancang sejak 2017. Dimana sebuah hamparan lahan terbuka dan panas berubah menjadi daerah yang rindang dan sejuk.

“Awal saya hadir di Kalimantan Selatan, Hutan Kota yang dinamakan Miniatur Hutan Hujan Tropika masih sangat panas. Namun saat ini sudah berubah menjadi sejuk dan nantinya pasti akan lebih baik lagi,” kata Menteri LHK ini saat menyampaikan arahannya di Serah Terima Tanaman Hutan Kota dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada Pemprov Kalsel, Selasa (30/7/2019).

Ia menuturkan, pada perkembangannya Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kehutanan Provinsi telah melakukan penambahan jenis-jenis kayu yang mulai langka dan merupakan tumbuhan-tumbuhan endemik Kalsel.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalsel dan jajarannya atas langkah-langkah yang ditempuh, dengan inovasi dan upaya yang dilakukan dengan format hutan hujan tropis. Saya berterimakasih atas Revolusi Hijau kalsel. Kami akan terus mendukung revolusi hijaunya, kami akan merangkum dan akan kami kembangkan untuk dilakukan Revolusi Hijau secara nasional,” ucap Nurbaya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengatakan, keberadaan Hutan Hujan Tropika dan program Revolusi Hijau adalah komitmen Pemerintah Provinsi Kalsel dalam menjaga dan memelihara hutan tropis sekaligus memperbaiki paru-paru dunia.

“Miniatur Hutan Hujan Tropika ini ditanami tumbuhan endemik Kalsel yakni pohon kayu ulin dan pohon meranti yang dalam penanamannya pemerintah provinsi melalui Dinas Kehutanan gencar melakukan penananman,” kata gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini.

Terkait pujian yang dikatakan Menteri Lingkungan Hidup, Paman Birin menyikapi hal tersebut sebagai suatu dorongan dan semangat yang diberikan kementerian, sehingga program revolusi hijau mendapat sambutan dari pemerintah pusat dan akan terus dibumingkan dan gelorakan untuk Kalimantan Selatan.

“Terimakasih, namun kita jangan terlena dengan pujian, kita harus terus bergerak untuk kelestarian lingkungan sehingga pujian akan datang terus. Namun kita berharap apa yang kita lakukan saat ini mendapat ridho dari Allah SWT. Untuk itu teruslah menanam dan menanam,” pungkas Paman Birin.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan bantuan dari Menteri LHK 10 jenis pohon meranti yang berjumlah sebanyak 500 batang kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here