Merokok di Rumah Sakit Balangan Bisa Dipidana

578

KabarKalimantan, Paringin – Ruang gerak perokok di Kabupaten Balangan terus dipersempit seiring terbitnya Peraturan Daerah (Perda) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Apabila kedapatan merokok di kawasan tanpa rokok, para perokok bisa langsung berurusan dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pengadilan Negeri.

Langkah pertama yang dilakukan Satpol PP Balangan baru sebatas sosialiasi dan teguran kepada perokok yang kedapatan merokok di kawasan KTR, seperti rumah sakit.

“Namun setelah ini sesuai Perda Kawasan Tanpa Rokok, jika ada yang merokok di tempat-tempat yang dilarang bisa langsung kita tindak atau disidang di tempat, karena mengganggu pengunjung yang tidak merokok,  kata Kepala Satpol PP Balangan Rakhmadi Yusni kepada KabarKalimantan di Paringin, Rabu (3/8/2017).

Ia menjelaskan, dalam menegakkan Perda Kabupaten Balangan Nomor 15 Tahun 2014 tentang KTR, Satpol PP gencar memantau KTR sepeti kantor pemerintahan, sekolah dan tempat pelayanan kesehatan yakni pukesmas dan rumah sakit.

Menurut dia, pecandu rokok yang terjaring razia terancam denda Rp 50 ribu atau penjara selama 3 hari.  Satpol PP Balangan sudang menyebar spanduk dan stiker himbauan di sejumlah sudut kota dan ruang publik.

“Ini merupakan salah satu bentuk sosialiasi , kalau nanti kita tindak ,tidak ada alasan lagi untuk tidak mengetahui aturan , mereka (perokok) akan kita ancam hukuman tipiring, ” ujar Rakhmadi Yusni.

Di pihak lain, Direktur RSUD Balangan, dr Ferry mengapresiasi adanya Perda KTR yang diharapkan bisa melindungi masyarakat dari bahaya paparan asap rokok. Menurut dia, perilaku pecandu rokok sudah sangat memprihatinkan di lingkungan RSUD Balangan. Ferry menyindir sikap buruk perokok aktif itu dilakukan oleh pengunjung maupun pegawai RSUD Balangan.

“Saya berharap dengan adanya perda Aturan kasawasan tanpa asap rokok ini khususnya di lingkungan rumah sakit hendaknya dapat dipahami masyarakat sebagai pengunjung rumah sakit guna kepentingan bersama,” kata Ferry seraya menambahkan Perda KTR hendaknya bisa menyadarkan perokok aktif.

 

F. M Hidayatullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here