Juru Gedor Kendur, Milla ‘Melentur’  

221

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Luis Milla secara resmi memanggil 23 pemain untuk pertandingan uji coba melawan Korea Selatan U-23 yang akan berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (23/6/2018). Dalam daftar tersebut, ada satu pemain yang menyita perhatian yakni Stefano Lilipaly.

Gelandang Bali United itu merupakan satu dari lima pemain senior yang dipanggil Luis Milla. Stefano Lilipaly ditemani Muhammad Ridho, Nelson Alom, Riko Simanjuntak dan Alberto Goncalves.

Pemanggilan Lilipaly merupakan peristiwa yang menarik. Sebab, pelatih Luis Milla sebelumnya bersikukuh enggan mencoba jasa pemain naturalisasi tersebut.

Pada 4 Juni 2018, selepas uji coba melawan Thailand U-23, media sempat mempertanyakan alasan Luis Milla yang tidak memanggil Stefano Lilipaly. Ketika itu, pelatih asal Spanyol menegaskan dirinya hanya ingin memanggil pemain senior yang berperan sebagai kiper, bek tengah dan penyerang.

Baca Juga :   Gilas Filipina 4-1, Timnas Indonesia Kokoh di Puncak Klasemen Grup A Piala AFF U-19 2018

Lilipaly tak memenuhi syarat ketiga pos tersebut. Ia merupakan gelandang yang posisinya sudah dihuni pemain-pemain muda semisal Saddil Ramdani, Septian David Maulana, dan Evan Dimas.

“Kita semua tahu Lilipaly bermain baik di liga sejauh ini, akan tetapi perlu diingat ini adalah Timnas Indonesia U-23 di mana hanya bisa membawa tiga pemain senior. Buat saya, Lilipaly adalah pemain bagus dan tidak ada keraguan buat saya untuk memanggilnya di Timnas senior,” kata Luis Milla kepada wartawan ketika itu.

“Saat ini, hanya ada tiga pos yang ingin saya isi dengan pemain senior. Pos itu adalah pos-pos penting yakni penyerang, kiper yang punya pengalaman, dan saya juga akan fokus (pada pencarian) bek tengah. Itulah posisi-posisi yang menuntut adanya kedewasaan yang bisa menjadi nilai lebih untuk pemain muda. Sekali lagi, ini Timnas Indonesia U-23 dan sudah banyak pemain muda yang bisa mengisi posisi dia,” ucap Luis Milla.

Baca Juga :   Kalah Adu Penalti, Kiprah Timnas Indonesia di Asian Games 2018 Berakhir

Pemanggilan Stefano Lilipaly untuk uji coba melawan Korea Selatan U-23 menjadi bukti Luis Milla mengesampingkan egonya untuk sekadar menjajal jasa sang pemain. Namun, di sisi lain pemanggilan pemain berusia 28 tahun itu juga seakan menjadi sinyal keputusasaan Luis Milla akan minimnya juru gedor Timnas Indonesia U-23. (blc)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here