Jum. Sep 25th, 2020

Misar Harus Berjaga Seharian di TPS HKSN

1 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Misar, Satgas Kebersihan mengeluh dengan sikap warga yang masih membuang sampah di Tempat Penampungan Sampah (TPS) perempatan Jalan HKSN, Banjarmasin Utara.

Pasalnya, TPS tersebut untuk sementara ditutup guna pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) 3R. “Padahal sudah ditutup seng dan ada pengumumannya. Tapi masih saja ada yang bandel,” keluhnya, Jumat (21/9/2018).

Alhasil, untuk sementara Misar terpaksa berjaga dari pukul 6 pagi hingga 6 sore, guna mencegah warga yang ingin membuang sampah di sana. “Ya terpaksa dijaga kalau tidak orang bakal buang di sini terus,”ujarnya,

Yang menjadi masalah ujar Misar, TPS tersebut tidak dijaga 24 jam. Banyak warga yang membuang sampah saat malam. Sehingga dia terpaksa kembali membersihkan setiap paginya.

Sementara, Kepala DLH Banjarmasin, Mukhyar membenarkan, saat ini sedang dilakukan pembangunan TPST 3R di lokasi tersebut.

Untuk sementara waktu, warga diminta untuk membuang sampah ke TPST 3R yang berada dekat dengan Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara. “Mungkin karena baru, warga masih belum ada yang tahu. Tapi sudah kami pasang pengumuman agar membuang ke tempat lain,” jelasnya.

Dia melanjutkan, pembangunan TPST 3R yang ditargetkan selesai Desember itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Dimana nantinya sarana tersebut tidak hanya menjadi tempat pembuangan sampah saja

“Selain pusat membantu untuk bangunan. Mereka juga membantu penyediaan alat pengolahan sampah. Diharapkan dapat meminimalisir Produksi sampah yang dibuang ke TPA,” pungkasnya.

M Syahbani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.