Rab. Jul 15th, 2020

Momentum HPN, Wartawan Kalsel Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

2 min read

KabarKalimantan, Banjarbaru – Puluhan wartawan dari berbagai media cetak maupun elektronik di Kalimantan Selatan mengikuti pelatihan kewirausahaan di Aula PLUT KUMKM dan RKB Banjarbaru, Kamis (6/2/2020).

Sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Kalimantan Selatan, Panitia HPN 2020 berkerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (BNI) menggelar pelatihan kewirausahaan wartawan.

Head of Network and Service BNI Wilayah Banjarmasin Untung Rahmat Basuki mengatakan, insan pers merupakan mitra dari bank, dan selalu berdampingan.

“Jadi, melalui momen HPN ada agenda seperti pelatihan kewirausahaan yang mungkin ada dan bisa dicoba rekan-rekan wartawan ingin menjadi pengusaha ketika sedang tidak liputan,” kata Untung.

Ia menuturkan, pihaknya telah memiliki empat Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang tersebar di wilayah Kalsel, salahsatunya berada di Kota Banjarbaru. “Kegiatan ini merupakan pusat pembelajaran, dan penggugah semangat dalam berwirausaha agar lebih berkembang,” ucapnya.

Baca Juga :   Rudy Resnawan Beberkan Kelayakan Kalsel sebagai Gerbang Ibukota Negara

Selain itu, ia menambahkan, untuk menjadi pengusaha yang utama bukanlah permodalan, tetapi adanya kreativitas, standarisasi dan pemasaran. “Yang penting itu inovasi dan kemauan. Mulai saja dulu,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten II Pemko Banjarbaru Puspa Kencana yang hadir membuka acara mewakili Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani mengatakan, Pemerintah Kota Banjarbaru turut berpartisipasi dalam menyukseskan rangkaian HPN 2020 Kalsel dan mendukung wartawan untuk berwirausaha secara kreatif dan mandiri.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini. Ini merupakan wujud dan rasa peduli kepada rekan-rekan wartawan, diharapkan dapat membangun semangat dan membuka peluang kewirausahaan,” ucapnya.

Ia mengatakan, seorang wirausahawan adalah orang-orang yang memiliki wirausaha dan kreativitas yang tinggi. Sehingga pada kegiatan ini para wartawan diharapkan menjadi bagian menumbuhkembangkan UMKM dan membuka lapangan pekerjaan di Kota Banjarbaru.

Puspa berharap, Kegiatan Kewirausahaan Wartawan Tahun 2020 agar menjadi bekal dan modal dasar untuk berwirausaha kedepannya baik untuk diri pribadi maupun bermanfaat bagi orang sekitar. “Yang terpenting modalnya adalah keberanian memulai dan memanfaatkan peluang lebih baik,” pungkasnya.

Baca Juga :   Jokowi: Insan Pers adalah Teman Saya Sehari-hari

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.