MRI-ACT Respon Cepat Korban Puting Beliung di Gambut

1299

KabarKalimantan, Banjarmasin – Cuaca ekstrem yang tengah melanda Kalimantan Selatan (Kalsel) pada 2019 ini telah banyak menimbulkan kerusakan. Salah satunya ialah terjangan angin puting beliung di Jalan Pahlawan, Desa Guntung Papuyu, RT 01 Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalsel, pada Jumat (11/1/2019) lalu.

Beberapa orang bahkan menyaksikan bagaimana angin puting beliung terbentuk dari awan tebal di langit. “Kejadiannya begitu cepat,  saya langsung menjauh saat itu,” ujar Bagus, warga Banjarmasin yang kebetulan melewati wilayah kejadian.

Merespon kejadian tersebut, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Banjarmasin bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalsel segera meluncur ke lokasi dan memberikan bantuan sehari setelah kejadian.

“Informasi yang berhasil kami himpun ada 10 rumah yang mengalami kerusakan, dan alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” tutur Koordinator Program Bencana MRI Banjarmasin Rai Armin.

Bantuan berupa terpal dan bahan pangan itu membuat haru Hayati, seorang ibu berusia 40 tahun. “Terima kasih ACT sudah membantu kami. Terpal ini sangat kami butuhkan karena atap dan dinding rumah kami rusak. Bisa berlindung dari panas hujan,” ucapnya mendekap terpal berwarna coklat itu.

Baca Juga :   ACT Kalsel Ajak Dermawan Bantu Korban Kebakaran Alalak Selatan

Hayati juga berharap ada pihak-pihak lain yang bisa membantu membangun rumah mereka yang rusak. Wajar memang, Hayati selama ini hanya mengandalkan warung kecil di depan rumahnya untuk menghidupi keluarganya.

“Atap rumah kami banyak yang hilang terbawa angin, semoga ada dermawan yang mau bantu memperbaiki,” lirih Hayati berucap.

Harapan yang sama juga dituturkan warga terdampak yang lain. Sebagian besar mereka adalah petani dan pedagang.

Kejadian bencana alam memang tidak bisa diduga. Hal ini membuat Kepala Cabang ACT Kalsel Arie Setiawan turut mengimbau kepada warga Kalsel untuk senantiasa waspada.

“Cuaca di Kalsel sedang dalam kondisi ekstrem, maka sudah seharusnya kita antisipasi diri. Minimal memperhatikan cuaca sekitar sebelum bepergian,” ucapnya.

Syahri Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here