Mudahkan Pelayanan Administrasi Kependudukan, Disdukcapil Tanbu Launching Mesin ADM

2 min read
1.927

KabarKalimantan, Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Launching Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang berlangsung di Kantor Kecamatan Simpang Empat, Rabu (15/9/2021).

Peresmian dan Launching mesin (ADM) itu, dilaksanakan langsung oleh Asisten bidang Administrasi Pemkab Tanbu, Andi Aminuddin didampinggi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tanbu, Gento Hariyadi, serta Camat Simpang Empat H Suryadi, dan dihadiri sejumlah para undangan lainnya.

Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Gento Hariyadi mengatakan, dengan adanya mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Kantor Kecamatan Simpang Empat ini, tentunya sangat membantuĀ  pelayanan masyarakat setempat. Sehingga warga tidak perlu lagi lama-lama mengantr di Kantor Disdukcapil.

Baca Juga :   TP-PKK Tanbu Ikuti Rakerda ke-IX PKK Kalsel Secara Virtual

“Hadirnya mesin ADM ini bertujuan untuk memudahkan pelayanan masyarakat dalam mencetak dokumen keperluan mereka di tengah pandemi Covid-19, dan bisa dilakukan untuk mencetak secara langsung Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), KTP serta keperluan dokumen identitas pribadi lainnya,” ungkap Gento Hariyadi.

Satu unit mesin ADM yang ada di Kantor Kecamatan Simpang Empat itu, merupakan bantuan penghargaan yang diterima oleh Pemkab Tanbu dari Pemerintah Pusat melalui Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca Juga :   Ribuan Jemaah Hadiri Tanah Bumbu Bersholawat

“Dengan kriteria, pelayanan kependudukan masyarakat yang dilakukan Disdukcapil Tanbu tergolong sangat tinggi,” katanya.

Gento Hariyadi mengungkapkan, mesin ADM ini sudah ada sejak tahun 2020 lalu, namun lantaran berbagai proses yang harus dilalui, sehingga baru tahun 2021 ini baru bisa dilaunching.

“Kami sangat bersyukur telah mendapatkan ADM, karena di Provinsi Kalsel cuma Kabupaten Tanah Bumbu dan Kota Banjarbaru saja yang sudah mendapatkan mesin ADM dari pemerintah pusat, sehingga mesin ADM yang ada ini akan dijadikan pilot projec Disdukcapil Tanbu,” tegas Gento.

Baca Juga :   M Rusli Targetkan Tanah Bumbu Jadi Lumbung Padi

Menanggapi, minimnya pengetahuan warga dalam tata cara penggunaan mesin ADM ini, lanjutnya, maka dalam waktu dekat ini pihaknya akan memberikan sosialisasi melalui media, siaran radio, televisi dan sebagian lagi akan memasang sepanduk di sejumlah titik sudut Tanbu, agar penggunaan mesin ADM ini bisa berfungsi maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *