Jum. Feb 21st, 2020

Musim Penghujan, Bupati Ansharuddin Imbau Warga Waspada Banjir

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Banjir di Kabupaten Balangan mulai berangsur surut. Penangganan pasca banjir pun terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Badan Penangunangan Bencana Darah (BPBD) dan Dinas Sosial setempat.

Bupati Balangan H Ansharuddin pun turun langsung ke lapangan untuk memantau kondisi banjir dan warga yang terdampak banjir beberapa hari lalu.

Kendati mulai surut, orang nomor satu di lingkungan Pemkab Balangan ini mengimbau warga untuk tetap waspada terhadap bencana banjir dan longsor menyusul meningkatnya curah hujan selama beberapa hari terakhir ini yang melanda sejumlah wilayah Bumi Sanggam. “Saya minta masyarakat tetap siaga dan waspada jika hujan deras, karena khawatir terjadi longsoran tanah dan banjir,” katanya.

Dia mengatakan, hingga saat ini wilayah Kabupaten Balangan sangat berpotensi terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor lantaran letak geografis Kabupaten Balangan ini berbukit dan pegunungan. Selain itu, juga terdapat daerah aliran sungai (DAS).

Ia mengungkapkan, untuk mengantisipasi bencana banjir tersebut, kini Pemkab Balangan sudah menyiapkan posko siaga banjir yang menyiapkan peralatan evakuasi, termasuk persediaan pangan dan obat-obatan. Bahkan, petugas Polri, TNI, Tagana dan relawan juga siaga dan siap diterjunkan ke lokasi bencana alam.

Menurutnya, dalam penanggulangan bencana alam ini diperlukan tindakan cepat dan kerja sama yang baik, serta koordinasi dengan berbagai instansi untuk menghindari dampak banjir yang lebih luas.

“Untuk mencegah berbagai penyakit selama musim hujan ini, kami meminta masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan dengan membersihkan drainase, juga sampah yang ada di selokan-selokan,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan Alive Yoesfah Love juga memberikan imbauan agar warga berhati-hati dengan aliran listrik. “Saat terjadi banjir kemarin, aliran listrik di sini belum dipadamkan secara total,” ucapnya.

Alive juga mengatakan, BPBD akan terus memantau beberapa kecamatan di Kabupaten Balangan yang terdampak banjir, diantaranya Kecamatan Lampihong, Kecamatan Juai dan Kecamatan Halong.(advertorial)

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.