Sel. Jun 2nd, 2020

Muslim Ajak Masyarakat Bahu Membahu Mencegah Corona di Banua

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Usai jalani isolasi dan menerima hasil laboratorium, pasien dalam pengawasan (PDP) dengan kode Ulin 9 negatif terjangkit virus Covid-19.

Juru bicara (Jubir)/Sekretaris Tim Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian, dan Penanganan (P3) Covid-19 Kalimantan Selatan M Muslim mengatakan, update Covid-19 di Kalimantan Selatan, per 27 Maret 2020 telah menerima hasil bahwa satu dari enam PDP yang dirawat di RSUD Ulin dinyatakan negatif.

“Saat ini, Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 993 orang, PDP 5 Orang, satu sudah dinyatakan negatif, yakni Ulin 9. Sedangkan untuk yang konfirmasi 1 dan keadaannya membaik dan stabil,” kata Muslim, Jumat (27/3/2020).

Muslim menjelaskan, untuk kondisi 5 PDP yang masih dirawat, pasien dengan kode Ulin 10 masih ada sesak nafas, Ulin 11 stabil mengarah membaik, Ulin 12 masih lemah, sesak, dan mual, Ulin 13 stabil dan Ulin 14 masih ada batuk. “Saat ini, PDP yang dirawat ada lima pasien dan konfirmasi 1, jadi berjumlah 6,” ucapnya.

Baca Juga :   5 ASN Tanbu Dinyatakan Positif Covid-19

Muslim menjelaskan, 5 PDP tersebut jika dikelompokan asal rujukannya, yakni, Banjarmasin berjumlah 2 orang, dan masing-masing satu orang rujukan dari Martapura, Tabalong dan Kandangan.

Untuk hasil tracking kontak konfirmasi, Muslim menuturkan, sudah ada 160 kontak, dan sebelas di antaranya sudah diambil sampelnya untuk diperiksa hasilnya. “Hasil sampel yang dilaporkan dari 11 kontak konfirmasi, 2 kontak telah keluar hasilnya dan hasilnya negatif,” ucapnya.

Muslim mengatakan, atas arahan dari Gubernur Kalsel rumah sakit rujukan dalam penanganan Covid-19 ini akan ditambah, yakni RSUD Anshari Saleh Banjarmasin, RS Idaman Banjarbaru, dan RS Hasan Basry, Kandangan.

“Kalau dijumlahkan, untuk kapasitas ruangan seluruhnya termasuk RSUD Ulin, total semua ada 44 tempat tidur atau kamar isolasi,” katanya.

Adapun terkait rafid test yang sudah ada di Kalsel, Muslim menuturkan, akan dipergunakan bagi ODP yang memiliki gejala klinis, PDP dan bagi kontak konfirm. “Ini nanti yang akan diprioritaskan penggunaannya,” ucapnya.

Baca Juga :   Sembuh dari Covid-19, Yunan Panjatkan Puji dan Syukur kepada Allah SWT

Ia juga tidak bosan-bosannya mengingatkan kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan pakai sabun, meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makan-makanan yang bergizi dengan proporsi yang sesuai.

“Mari semua masyarakat Kalimantan Selatan, saling bahu membahu untuk melakukan upaya melakukan penanganan maupun mencegah Covid-19 di Kalsel,” pungkas Muslim.

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.