NSA Forum Angkat Soal Alam dan Budaya Meratus

Upacara adat suku Dayak Meratus. Istimewa

KabarKalimantan, Banjarmasin – NSA Project Movement kembali menggelar agenda bulanan mereka NSA Forum. Kali ini mengangkat tema “Meratus: Pertautan Alam dan Kebudayaan”.

Forum diskusi yang terbuka untuk umum itu akan dilaksanakan di panggung terbuka Taman Budaya Kalsel, Banjarmasin pada Sabtu malam, 27 Januari 2018.

Sebagai pemantik forum, dihadirkan Direktur Walhi Kalsel Kisworo Dwi Cahyo. Aktivis lingkungan itu akan bersanding dengan pengamat seni dan budaya Kalsel HE Benjamin. Dialog terbuka ini akan dipandu Nurmaulidiani Awaliyah.

Inisiator NSA Forum Noviyandi S mengatakan, salah satu kebudayaan tua Kalimantan Selatan berada di dataran Tinggi meratus. Meratus bukan cuma persoalan ekologis, namun juga persoalan kultural.

“Ketika meratus mulai dibabat sumber alamnya digali, maka bukan sekedar alam yang rusak namun budaya akan terkikis,” ujarnya.

NSA Forum sendiri sudah berlangsung selama tiga kali. Agenda rutin kelompok pergerakan kebudayaan ini dilaksanakan sebulan sekali. Sebelumnya mereka menyoal tema-tema tentang kebudayaan, seni, dan berbagai aspek yang terkait.

Baca Juga :   NSA Project Movemet akan Kumpulkan Seniman Perempuan Kalsel

“Mati berfikir kolektif,” kata Noviyandi.

M ALI NAFIAH NOOR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here