NSA PROJECT MOVEMENT akan Pentaskan KALA

29

KabarKalimantan, Banjarmasin – NSA PROJECT MOVEMENT akan mempresentasikan sebuah karya bertajuk “KALA”. Digelar pada Rabu (30/10/2019) nanti di Gedung Balairung Sari Taman Budaya Kalimantan Selatan, Banjarmasin.

Pentas KALA sejatinya merupakan program hibah pertunjukan UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan. NSA PROJECT MOVEMENT dalam presentasi karya ini akan mengusung ‘Gamalan’ Banjar sebagai sebuah peristiwa musikal yang selalu terbuka atas setiap masa.

“Pada hakikatnya karya KALA adalah penemuan atas keterbukaan gamalan Banjar dan tata garap baru-nya berdasarkan pada pakem gamalan Banjar,” ucap komposer NSA PROJECT MOVEMENT Novyandi Saputera, Kamis (17/10/2019) siang.

Dia menjelaskan, pola-pola garap baru yang mampu memberikan napas keberkembangan dan keterbukaan pada gamalan Banjar dihadirkan. Itu tanpa menghilangkan spirit dari gamalan Banjar itu sendiri.

“Konsep kekaryaan KALA berangkat dari kuasa inner melodi para penabuh gamalan Banjar yang membentuk pola counterpoint (Contrapung) yakni saling jalin dari titik yang sama dengan bentang melodi berbeda dan bertemu atau berhenti pada titik nada yang sama,” kata Novyandi.

Baca Juga :   Berkumpul Menonton Sekumpul Teater

Menurutnya, fleksibilitas tata tabuh yang dibentuk dari tempo dan dinamika akan menghadirkan gaya tabuh yang baru. Itu memungkinkan untuk menghadirkan daya imajinasi bagi para penonton yang terkoneksi dengan melodi gamalan Banjar.

“Komposisi gending ini kemudian bertujuan untuk melahirkan sebuah cara pandang baru untuk melahirkan sebuah pengetahuan dan pencerahan terhadap gaya garap baru bagi gamalan Banjar,” ujarnya.

Presentasi karya KALA NSA PROJECT MOVEMENT akan dilanjutkan dengan bedah karya. Karya yang dipentaskan langsung dibedah semua isinya oleh pegiat, pengamat, dan akademisi seni Banua.

Reporter : M Ali Nafiah Noor

Editor : Suhaimi Hidayat 

Penanggungjawab : M Ridha

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here