NSA Project Movemet akan Kumpulkan Seniman Perempuan Kalsel

285

KabarKalimantan, Banjarmasin – NSA Project Movement rencananya akan mengumpulkan seniman perempuan di Kalimantan Selatan dalam sebuah kegiatan yang bertajuk “d’ Sarasvati.”

Hal tersebut disampaikan salah satu seniman perempuan Kalsel Dwitiya. Ia menjelaskan d’ Sarasvati diambil dari nama dewi kesenian yaitu Saraswati.

Manager Program NSA Project Movement ini menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan melihat populasi seniman perempuan di Kalimantan Selatan tumbuh dengan baik. Sayang keberadaannya masih sebagai objek eksploitasi karya seni.

“Seniman perempuan di Kalsel sudah saatnya mengambil peran yang lebih besar dalam perkembangan kesenian,” katanya.

Dwitiya mengatakan, ruang gerak perempuan dalam berkarya di bidang seni masih terbatasi. Setelah menikah, seniman perempuan cenderung enggan melanjutkan aktivitasnya.

Dalam kegiatan d’ Sarasvati yang rencananya berlangsung pada 28 April mendatang di Taman Budaya Kalsel itu, pegiat seni perempuan lintas disiplin di Kalsel akan dipertemukan pada sebuah forum diskusi. Wacana yang dibicarakan adalah seputar persoalan yang kerap dialami seniman perempuan Kalsel dalam menuangkan karya.

Baca Juga :   Pemkot Banjarmasin Minta Pertamina Lakukan Pendataan Ulang

Selain itu, Dwitiya mengatakan bahwa dalam kesempatan tersebut juga akan ada kegiatan pamer karya. Seniman perempuan yang hadir nanti akan menampilkan sejumlah karya yang sudah mereka buat.

M ALI NAFIAH NOOR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here