Operasi Zebra 2019, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Mengutamakan Keselamatan Berlalulintas

63

KabarKalimantan, Batulicin – Polres Tanah Bumbu melaksanakan upacara gelar Operasi Zebra 2019 di halaman Mapolres Tanbu, Rabu (23/10/2019).

Upacara yang dipimpin langsung Kapolres Tanbu AKBP Sugianto Marweki S I K juga dihadiri Sekda Tanbu H Rooswandi Salem, Dandim 1022/TNB Letkol Czi Bintarto Joko Yulianto, Lanal KTB/TNB, dan Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu Agus Rahkmady.

Sugianto Marweki dalam sambutannya mengatakan, Operasi Zebra ini merupakan bentuk dan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalulintas di jalan raya, serta untuk menanggulangi tingginya angka kecelakaan di daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

“Operasi Zebra kali ini akan mengedepankan pemeriksaan kelengkapan surat menyurat kendaraan, berupa SIM dan STNK. Selain itu, bagi pengemudi yang tak menggunakan safety belt, tak sesuai muatan juga akan ditindak tegas,” ujar Sugianto Marweki.

Ia berharap, pelanggaran lalu lintas serta angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Tanah Bumbu dapat menurun.

Ia juga meminta kepada para jajaran di lapangan agar menggunakan motto, Sapa, Santun dan Senyum (S3) ketika menyatroni pengendara yang terjaring Operasi Zebra.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Tanah Bumbu H Rooswandi Salem mengatakan, terkait larangan anak di bawah umur yang menggunakan kendaraan roda dua, pihak pemerintah daerah akan mengevaluasi tentang hal itu, dan akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan dan Dinas Pendidikan.

“Kalaupun pemda membantu untuk mobilisasi bagi anak berusia di bawah umur dan bersekolah, kita harus sepakati berapa jumlah kebutuhan roda empat atau bus yang harus kita adakan,” ujarnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here