Operasional RSUD Sultan Suriansyah Dikhawatirkan Bakal Molor

2390

KabarKalimantan, Banjarmasin – Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah resah, dia khawatir target operasional RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin yang dijadwalkan 24 September mendatang bakal molor.

Kekhawatiran Hermansyah itu tentu sangat beralasan. Mengingat, pelantikan Direktur RSUD milik Pemkot yang seyogyanya dilantik pada Februari lalu itu baru bisa dilaksanakan empat bulan kemudian, yakni Mei ini tadi.

“Pelantikan direktur rumah sakit kan harusnya Februari lalu. Makanya kami sempat desak BKD agar segera melakukan penilaian. Karena sebenarnya yang menentukan Walikota juga wakil,” ucapnya di balai kota, Rabu (15/5/2019).

Keterlambatan pelantikan ini menurutnya sudah barang tentu berpengaruh terhadap lambatnya proses lelang alat kesehatan (Alkes) untuk syarat penting terlaksananya operasional RSUD sendiri.

“Karena yang lelang bukan dinas kesehatan, tapi rumah sakit sendiri yang melaksanakan,” imbuhnya.

Disamping itu, setelah dilantik direktur tidak semerta-merta langsung bisa bekerja. Dia masih perlu membentuk lembaga RSUD kembali sebagai komponen-komponen yang akan menggerakkan RSUD baik pra maupun pasca dimulainya operasional nanti.

“Karena dia yang menyiapkan. Seperti rencana anggaran biaya (RAB) karena ini sudah dikejar waktu. Ini sudah bulan berapa. Kalau mau cepat perangkatnya harus segera disiapkan,” ujarnya.

Selain persoalan keterlambatan pelantikan, yang membuat kekhawatiran Hermansyah bertambah yakni masih rendahnya serapan anggaran belanja. Hingga triwulan ke II ini serapan anggaran belanja pemkot baru 9,91 persen.

Dari data Layanan Pengadaan Secara Elektronik LPSE Banjarmasin,  dari 137 paket pekerjaan. Baru selesai lelang hanya 33 paket. Alasanya dikarenakan minimnya SDM di instansi tersebut.

“Tenaganya minim sekali di sana. Katanya PPTK nya ditarik BKD. Bahkan dari informasi yang saya dengar kalau ada gangguan atau masalah teknis mereka tidak bisa berbuat apa-apa,” pungkasnya.

Reporter: M Syahbani

Baca Juga :   Judul Raperda Pembebasan Lahan Direvisi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here