Optimalisasi Lahan, Maksimalkan Pertanian

345

KabarKalimantan, Amuntai – Dinas Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) akan melakukan optimalisasi lahan seluas 500 hektare guna memaksimalkan sektor pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSU Ir Ilman Hadi mengatakan, Kabupaten HSU mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat untuk pemanfaatan lahan rawa sebesar 500 hektare tahun ini. Program tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan hasil pertanian yang semula satu kali panen dalam setahun, kini jadui dua kali panen dalam setahun.

“Optimalisasi lahan seluas 500 hektare ini dianggarkan melalui dana APBN,” ujar Ilman kepada wartawan di kantornya, Jumat (23/3/2018).

Ia menerangkan, lahan 500 hektare yang dicanagkan untuk peningkatan sektor pertanian tersebut tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Babirik dan Sungai Pandan, dan tak menutup kemungkinan juga kecamatan lain yang memiliki potensi pertanian. Langkah dan upaya dilakukan dalam optimalisasi lahan akan menggunakan polder mini dengan cakupan 150 hektare.

Sementara itu, untuk target tanam tahun 2018 sekitar 26 ribu hektare ini bagi dua musim, yakni musim hujan dan kemarau untuk masa tanam diperkirakan pada April-September “Kemungkinan, awal Juni hingga Agustus dimulai tanam,” katanya.

Untuk penurunan target ini, Dinas Pertanian HSU meminta kepada Dinas Pertanian Provinsi Kalsel agar terget tanam bisa terealisasi.

MUHAMMAD YUSUF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here