Sen. Jul 6th, 2020

Optimalkan Penanggulangan Covid-19, Tim GTPP Covid-19 Tanbu Berencana Beli Alat PCR

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tanah Bumbu berencana akan membeli satu unit alat Polymerase Chain Reaction (PCR) sebagai upaya mempercepat mengetahui hasil swab test.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu H Setia Budi mengungkapkan, membeli alat PCR tersebut memang sudah lama diinginkan. Pasalnya, selama ini swab test harus dikirim dulu ke laboraturiom di Banjarbaru.

“Setelah dikirim, kita harus menunggu hingga puluhan hari untuk mengetahui hasilnya. Sehingga hal itu menghambat kinerja tim gugus tugas dalam menanggulangi wabah corona di daerah,” jelasnya, Kamis (28/5/2020).

Dengan adanya alat PCR yang harganya berkisar sekitar Rp 2 miliar tersebut, lanjut Setia Budi, akan lebih baik dan efektif dalam menangani pandemi virus corona di Bumi Bersujud ini.

“Ya, dari pada kita membeli alat rapid test terus menerus, dan hasilnya juga tidak dapat menunjukkan akurasi data yang terpapar atau tidak terpapar Covid- 19,” tandasnya.

Menurutnya, kalau punya alat PCR sendiri, tentunya kinerja Tim GTPP Covid-19 Tanbu dapat terbantukan, dan bisa lebih maksimal lagi. “Semoga langkah-langkah yang dilakukan pemerintah daerah dalam menangani dan menanggulangi penyebaran Covid-19 dapat didukung sepenuhnya oleh semua lapisan masyarakat,” ucapnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.