Rab. Okt 28th, 2020

Paman Birin Buka Festival Kuntau Tingkat Provinsi Kalsel

2 min read
KabarKalimantan, Martapura – Diikuti 34 tim dari 13 kabupaten /kota se-Kalimantan Selatan, Festival Silat Budaya/Kuntau Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan berlangsung meriah.
Festival Silat Budaya/Kuntaw Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang berlangsung selama dua hari tersebut dilaksanakan di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Sabtu (19/9/2020).
Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor yang membuka secara resmi festival tersebut mengatakan, melalui festival budaya silat kuntaw ini dapat melestarikan budaya khas banua.
“Jadi silat ini, olahraga dari zaman bahari (Lama) di kampung. Biasanya anak-anak kita dibekali dengan ilmu bela diri,” kata Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini.
Ia menuturkan, olahraga bela diri silat sangat bagus dan dapat meningkatkan disiplin, skill serta kemampuan bela diri seseorang.
“Bela diri silat sangat diperlukan ketika kita sedang merantau, biasanya orang banjar sering bepergian ke luar daerah,” ucapnya.
Paman Birin berharap, melalui event ini akan menggeliatkan pembangunan olahraga silat di Kalsel serta dapat meningkatkan disiplin dan menjadi pelopor untuk menjalankan protokol kesehatan dalam rangka menghadapi Covid-19.
“Jadi para atlet diharapkan ikut menjadi pelopor untuk menjalankan protokol kesehatan dalam rangka menghadapi Covid-19,” katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan, Hermansyah mengatakan, festival silat kuntau yang diikuti 34 tim tersebut diisi oleh 10 orang peserta.
“Jadi kegiatan ini digelar selama 2 hari dengan memperebutkan total hadiah Rp 100 juta,” katanya.
Hermansyah berharap, festival yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel bekerjasama Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia (APPSBI) ini mampu meningkatkan pembangunan olahraga silat kuntau sebagai salah satu seni bela diri dan budaya indonesia.
“Ini menjadi kebanggan bagi generasi muda yang mengarah pada kegiatan positif. Pemprov Kalsel terus mensupport mereka agar kegiatan silat bisa berkembang di Kalsel,” pungkasnya.
Dalam momentum tersebut juga dirangkai kegiatan penyerahan bonus atlet dan pelatih yang berprestasi dalam ajang nasional dan internasional tahun 2019 yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Kalsel.[]
Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.