Paman Birin Inginkan Taman Budaya Kalsel Bertaraf Internasional

142

KabarKalimantan, Banjarmasin – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor ingin menjadikan Taman Budaya (TB) Provvinsi Kalimantan Selatan seperti Taman Ismail Marzuki (TIM) yang ada di Jalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat.

Sejak dirinya menjabat sebagai Gubernur Kalsel, pria yang akrab disapa Paman Birin ini mengaku, menginginkan Taman Budaya dapat menjadi gedung pertunjukkan kesenian dan kebudayaan yang bertaraf internasional.

“Saya kepengen sekali, Taman Budaya kita ini seperti Taman Ismail Marzuki. Cuma belum kesampaian hingga saat ini,” ucap Paman Birin dalam acara sahur bersama seniman Banua di Halaman Taman Budaya Provinsi Kalsel, Selasa (12/6/2018).

Keinginannya untuk menjadikan Taman Budaya Provinsi Kalsel seperti Taman Ismail Marzuki bukan tanpa alasan. Pasalnya, ujar Paman Birin, TIM merupakan panggung pusat kesenian dan kebudayaan yang bertaraf internasional.

Paman birin juga sangat mengagumi TIM tersebut. Menurutnya, seniman yang tampil di gedung-gedung seperti TIM itu benar-benar seniman yang mampu menghasilkan karya yang sangat bagus. Sehingga, ketika seni ditampilkan, penonton sangat puas.

Baca Juga :   Nurul Aisturida Beberkan Ciri Kepemimpinan yang Bijak, Salah Satunya ada di Sosok Paman Birin

Menjadikan Taman Budaya bertaraf internasional memang sangat diinginkannya. Namun sayang, hal itu belum terwujud karena ada berbagai halangan dan rintangan.

“Sebenarnya dari awal, cuma masih belum terwujud. Mudah-mudahan leding sektor yang membidangi kebudayaan dan kesenian bisa lebih peka dengan keinginan kita dan bisa ditangkap oleh DPRD  Provinsi Kalsel untuk persetujuannya,” kata Paman Birin.

Sementara itu, Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel Suharyanti sangat bersyukur, sosok gubernur seperti Paman Birin mempunyai harapan Taman Budaya ingin dijadikan seperti Taman Ismail Marzuki.

Ia mengatakan, dirinya dari pihak Taman Budaya sangat menyambut baik dan sangat berharap, serta mendukung Taman Budaya bisa dijadikan seperti Taman Ismail marzuki yang gedung pertunjukkan seninya berstandart internasional.

Menurutnya, dengan adanya gedung pertunjukkan seperti itu, nantinya antara seniman yang bergelar saling terdukung dengan fasilitas dan kapasitas di dalam gedung tersebut.

Baca Juga :   Paman Birin Kampanyekan Program Ayo Menanam

“Sangat berharap sekali, karena itu kan bagian dari bagaimana pertunjukan seni di Kalsel berkembang. Saya yakin, seniman di Kalsel ini juga berharap demikian,” pungkasnya.

Syahri Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here