Rab. Agu 5th, 2020

Paman Birin: Jauhi Narkoba agar Saraf Tidak Terganggu

2 min read

KabarKalimantan, Martapura – Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia dirangkai RSJD Sambang Lihum dengan Pencanangan Tour De Hospital RSJ Sambang Lihum dan Pelantikan Pengurus Ikatan Perawat Kesehatan Indonesia (IPKJI) Provinsi Kalsel, di Aula Diklat RSJD Sambang Lihum Jalan Gubernur Syarkawi, Km 3,9, Kabupaten Banjar, Minggu (6/9/2019).

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor yang membuka secara resmi kegiatan tersebut mengatakan, pengaruh orang terkena penyakit jiwa sangat mudah ditemui, terlebih di era globalisasi saat ini, salahsatunya narkoba.

“Semua dapat diserang, maka dalam kondisi peranan global saat ini, kita sebagai bangsa yang menikmati kemerdekaan dari hasil para pejuang, jangan sampai kalah. Kita harus bentengi bangsa ini dari penyalahgunaan narkoba,” kata gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini.

Ia menuturkan, setiap korban penyalahgunaan narkoba, perawat kesehatan jiwa adalah bagian terdepan bagi penyembuhan mereka. Untuk itu, peningkatan kualitas SDM sangat diperlukan seperti saat ini dengan adanya seminar yang merupakan sumber ilmu.

“Oleh karena itu, manfaatkan dan serap ilmu-ilmu yang disampaikan dengan baik, semoga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-sehari,” ucap Paman Birin.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Sambang Lihum, dr H IBG Dharma Putra mengatakan, Peringatan Hari Kesehatan Jiwa yang digelar serentak di seluruh Indonesia Ini menjadi momentum perubahan bagi RSJD.

Menurutnya, RSJD harus berubah sesuai dengan pergeseran paradigma yang dijanjikan presiden Jokowi, bahwa infrstruktur, SDM, investasi, dan pengelolaan anggaran yang efektif dan effisien.

“Salahsatunya dengan momentum ini dapat menjadikan SDM yang unggul, SDM yang revolusioner, visioner dan penuh empati, sehingga siap menghadapi masa depan dan menjadi berubah,” kata Dharma.

Ke depan, lanjut Dharma, sebagai prioritas di tahun akan datang, rencanya pihaknya akan membuat taman bermain anak dan remaja di RSJD Sambang Lihum yang mana di dalamnya ada kolam renang, taman lalu lintas yang dibuka 3 kali seminggu untuk umum.

“Itu sesuai atas arahan Gubernur Paman Birin. Sehingga anak-anak istimewa yang kita tangani bisa mengetahui anak-anak umum yang ada diluar dan anak-anak diluar bisa memahami anak-anak istimewa didalam RS,” pungkas Dharma.

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.