Paman Birin : Kalsel Siap Jadi Tuan Rumah Festival Buah Internasional

KabarKalimantan, Martapura – Di awal tahun ini, Provinsi Kalimantan Selatan sudah dua kali menggelar kontes buah durian dan pameran buah eksotik Kalsel, mulai dari tingkat kabupaten/kota, hingga tingkat provinsi.

Sebelumnya, kontes buah durian ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar dengan melibatkan seluruh kecamatan untuk ikut serta.

Untuk kedua kalinya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kembali menggelar kontes buah durian dan pameran buah eksotik Kalsel, serta makan buah durian gratis bersama Paman Birin, di Desa Kiram, Kabupaten Banjar, Kamis (24/1/2019).

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mengatakan, kontes durian ini diselenggarakan guna lebih tergalinya potensi dan hasil perkebunan masyarakat yang berkualitas.

“Kegiatan ini akan terus kami kembangkan, dimana sebelumnya tingkat kabupaten/kota, sekarang dipentaskan di tingkat provinsi,” kata pria yang akrab disapa Paman Birin ini.

Paman Birin menuturkan, selain menggali hasil perkebunan masyarakat, melalui kegiatan seperti ini juga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat Banua.

Baca Juga :   Ini Upaya Akbar Tanjung Kembalikan Kejayaan Partai Golkar

“Jadi, dengan buah ini kita harapkan bisa memberikan kesejahteraan buat rakyat Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Selain itu, ia juga berharap ke depannya akan ada festival buah tingkat intenasional, dan ia siap untuk menjadikan Kalimantan Selatan sebagai  tuan rumahnya. “Jika ada festival buah tingkat internasional, Kalsel siap menjadi tuan rumahnya,” kata Paman Birin.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Syamsir Rahman mengatakan, kontes durian dan pameran buah eksotik ini sudah kedua kalinya dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Ini merupakan gagasan dari Gubernur kita Paman Birin,” kata Syamsir.

Kegiatan ini melibatkan para stakeholder dan masyarakat luas, untuk ikut serta menikmati buah durian dan buah lokal Kalsel bersama Paman Birin.

“Dengan diikuti 113 peserta dari 13 kabupaten/kota. Kami juga menyiapkan 10.000 biji buah untuk disantap bersama Paman Birin, dan hasilnya dalam waktu 30 menit, semua habis dimakan pengunjung,” ucapnya.

Baca Juga :   Buka Stand di Kalsel Expo 2019, BNNP Kalsel Ajak Pengunjung Jauhi Narkoba

Ke depan, 2020 mendatang, Syamsir menuturkan, akan mengadakan event festival buah yang lebih besar lagi, yakni festival buah tingkat regional Kalimantan.

“Kalimantan ini merupakan satu kepulauan yang pada saat panen berbarengan, maka akan ada satu hamparan yang semuanya adalah buah-buahan Kalimantan,” kata Syamsir.

Selain itu, ia mengatakan kalau Provinsi Jambi menghubungi dirinya, dengan rencana akan ikut serta dalam festival buah selanjutnya.

“Jika Jambi ikut serta, maka pagelarannya akan lebih luas lagi, bisa tingkat nasional dan akan melibatkan kementerian langsung,” ucapnya.

Ia berharap, melalui kegiatan festival seperti ini, dapat memperoleh varietas buah yang berkualitas, terlebih varietas durian yang berkualitas yang mampu bersaing ditingkat internasional.

Syahri Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here