Paman Birin : Media Jembatan Menuju Kesuksesan Bangsa

86

KabarKalimantan, Banjarmasin – Hari ke-28 puasa Ramadhan dijadikan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor sebagai momentum menggelar sahur bersama insan pers lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel yang dilaksanakan di halaman belakang Mahligai Pancasila, Rabu (13/6/2018) dini hari.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengatakan, kesempatan sahur bersama insan pers ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan membuktikan kebersamaan.

Ia nampaknya sangat sadar, roda pemerintahan tidak akan pernah berjalan dan sukses tanpa ada komponen serta elemen yang lain, terutama media.

“Sepintar apapun gubernurnya, secerdas apapun gubernurnya, tidak bisa berbuat apa-apa tanpa dukungan dan partisipasi pemerintah bersama seluruh komponen yang ada di Kalimantan Selatan ini,” ucap Paman Birin.

Ia menuturkan, rekan-rekan media saat ini adalah yang terbaik, karena telah mendampingi di berbagai kegiatan-kegiatan pemerintah provinsi. “Media adalah jembatan untuk menuju kesuksesan sebuah bangsa,” tuturnya.

Baca Juga :   Porprov X, Batola Target Lima Besar Perolehan Medali

Dalam kesempatan sahur bersama yang dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Abdul Haris Makkie, jajaran kepala SKPD Pemprov Kalsel, Staf khusus Pemprov Kalsel, Staf Ahli Pemprov Kalsel serta media cetak, elektonik dan online yang tergabung di PWI, IJTI, IWO dan Join tersebut Paman Birin berpesan kepada seluruh kepala SKPD agar selalu bersinergi dan terbuka dengan para awak media dengan mengajak para insan pers untuk meliput kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan SKPD.

“Saya bangga, walaupun kepala SKPD tersebut tidak pernah ketemu saya tapi begitu berkegiatan dimuat di TV, di koran atau di media lainnya. Saya cukup duduk di meja bulat, baca beritanya, dari situ bisa melihat kinerja mereka. Tapi, kalau sudah jarang ketemu, berkegiatan tertutup dari wartawan, ini parah apalagi sampai alergi. Media itu sahabat,” kata Paman Birin kepada kepala SKPD yang saat itu berhadir.

Baca Juga :   Pembangunan PLTB di Kalsel Mendapat Sejumlah Penolakan

Ia menambahkan, media merupakan bentuk dari sebuah transparansi pemerintah kepada masyarakat karena masyarakat juga harus tahu apa yang sedang dikerjakan oleh pemerintah.

Paman Birin mengingatkan, kepala SKPD juga harus siap menerima kritikan. Ia meyakini sekecil apapun kritikan masyarakat, itu adalah sebuah kebaikan bagi kinerja pemerintah itu sendiri. Jangan sampai ketika rakyat mengkritik justru sebaliknya mau membalas dengan kritikan sehingga terjadi dialog atau perdebatan-perdebatan.

“Kalau ada kritikan, diserap dan diupayakan kemudian selesaikan dengan baik. Karena itu tadi, tidak ada pemerintah yang sukses tanpa partisipasi rakyat,” pungkasnya mengingatkan kepala SKPD.

Sementara itu, Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie berharap, kedekatan dan kebersamaan antara pemerintah dan media bisa menjadikan sebuah kekuatan untuk suksesnya pembangunan dan kemajuan Provinsi Kalsel.

Syahri Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here