Paman Birin Panen Raya di Lahan Hari Pangan Sedunia

8

KabarKalimantan, Marabahan – Sebagai lanjutan dari kegiatan Hari Pangan Sedunia (HPS) tahun lalu, hari ini dibuktikan bahwa lahan Desa Jejangkit dapat dipanen.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Syamsir Rahman saat mendampingi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam acara Syukuran dan Panen Raya Padi di Desa Jejangkit, Kabupaten Batola, Rabu (18/9/2019) ini merupakan pembuktian karena banyak komentar bahwa lahan yang ada di Jejangkit tidak dapat ditanami dan dipanen.

Namun, dengan pengaturan segala komponen di sektor pertanian dan arahan gubernur untuk berpikiran optimis akhirnya dapat melakukannya. “Ini berkat sabar dan ikhlas, hari ini kita bisa melakukan panen,” kata Syamsir.

Dengan panen yang dilakukan ini, lanjut Syamsir, juga dapat mendorong para petani untuk melakukan tanam-panen dua kali atau bahkan lebih dalam setahun.

“Ini kita buktikan, yang mana sebelumnya, satu bulan yang lalu telah dilakukan panen di area belakang posko Paman Birin, saat ini panen di sini, dan kemudian akan ada panen kembali di area sepanjang 210 hektare,” ucapnya.

Dengan rentang waktu panen tersebut, ia menyimpulkan bahwa tidak ada waktu untuk tidak panen di Desa Jejangkit.

“Setiap saat bisa panen. Di musim kemarau kita tetap bisa menanam dan memanen. Inilah pola pikir yang dikatakan gubernur, agar selalu bergerak untuk melakukan perbaikan di sektor pertanian,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mengatakan, kerja keras semua pihak membangunkan raksasa tidur akhirnya berbuahkan hasil, yang mana di awal merupakan lahan yang masih tertutup akhirnya dapat dibuka dan dimanfaatkan.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini menuturkan, walaupun saat ini masih musim kemarau, di Desa Jejangkit ini masih bisa menanam.

“Kalau di musim kemarau sulit menanam, ternyata saat ini musim kemarau kita bisa menanam karena airnya masih bisa dikelola,” ucap Paman Birin.

Ia menambahkan, beras merupakan konsumsi utama rakyat indonesia, yang mana disetiap bulirnya harus dijaga. “Ini akan bergerak terus, kita usahakan sepanjang tahun agar nanti panen lagi-tanam lagi,” pungkas Paman Birin.

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here