Rab. Agu 5th, 2020

Paman Birin Tinjau Posko Pencegahan Covid-19 di Wilayah Perbatasan

2 min read

KabarKalimantan, Tanjung – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor meninjau posko cegah Covid-19 perbatasan Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, di Desa Karangan Putih, Kabupaten Tabalong, Senin (30/3/2020).

Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini mengatakan, peninjauan yang dilakukannya merupakan upaya untuk memonitor semua jejaring yang dilewati oleh siapa saja yang datang dari luar Kalsel seperti bandara, pelabuhan dan perbatasan.

“Untuk jalur darat seperti perbatasan-perbatasan seperti ini, Kalsel berbatasan dengan Kalteng, dan Kaltim. Kita semua bergerak untuk mengantisipasi masuknya Covid-19 ini. Kita bersama-sama berjuang, memonitor, mendata dan mengetahui siapa yang berpotensi terdampak dan tidak terdampak,” kata Paman Birin.

Terkait apakah Kalsel akan mengikuti beberapa daerah lain untuk karantina wilayah, Paman Birin menuturkan, ia bersama forkopimda sudah mengadakan rapat terkait wacana untuk karantina wilayah.

Baca Juga :   TPID Optimis Serapan Beras Lokal Cukup

“Kalimantan Selatan ada wacana dan sudah dibicarakan tadi malam. Saya minta ada telaah-telaahan yang tajam dan jitu yang bisa dipertanggungjawabkan,” ucapnya.

Untuk penanganan pandemi Covid-19 di Kalimantan Selatan, lanjut Paman Birin, pemerintah provinsi telah menyiapkan anggaran dari APBD sebesar Rp 56 miliar.

“Ini persoalan kemanusiaan, persoalan kesehatan rakyat Kalsel. Saya pikir ini harus menjadi perhatian khusus dan kita jangan engken (pelit, red). Dengan catatan jangan mark up atau korupsi, karena semua sedang menghadapi wabah penyakit yang berasal dari luar,” tegasnya.

Paman Birin juga berpesan kepada para penjaga posko perbatasan agar selalu menjaga keselamatan diri, berusaha semaksimal mungkin, dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. “Semua perbatasan rentan. Selamat berjuang,” ucapnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat Kalsel agar terus menjaga kebersihan diri, kebersihan lingkungan, makan-makanan bergizi seimbang, dan menjalankan protokol pencegahan Covid-19.

Baca Juga :   35 Resimen Mahasiswa Kalselteng Ikuti Pendidikan Provost Menwa

“Mari kita semua untuk sama-sama menjaga jarak, menjaga kebersihan lingkungan, khususnya kebersihan tangan. Karena virus ini masuknya lewat mulut, hidung dan mata. Jadi kita jaga kebersihan,” pungkasnya.

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.