Menu

Mode Gelap

Seni Budaya · 24 Des 2016 00:02 WIB ·

Paman Pentol Kritik Pementasan Teater


 Paman Pentol Kritik Pementasan Teater Perbesar

BANJARMASIN, KK – Pertunjukkan teater khususnya teater modern, saat ini tidak hanya dinikmati oleh kalangan seniman saja. Bahkan, paman penjual pentol pun turut menyaksikan pagelaran akhir tahun oleh Dapur Teater Kalsel di gedung kesenian Balairung Sari Taman Budaya Provinsi Kalsel, Jumat (23/12/2016) malam.

Tiba-tiba saja, sebuah teriakan mengejutkan puluhan hingga ratusan penonton yang masih berada di lingkungan parkir. Ternyata, itu merupakan sajian pembuka yang telah disiapkan oleh Dapur Teater Kalsel, yang menggelar pementasan saat itu.

Baca Juga :   Semarak Hari Pantomim di UIN Antasari

Sehingga pertunjukkan itu menyita perhatian, tidak hanya dari para penonton yang ingin menyaksikan pagelaran yang dilaksanakan oleh Dapur Teater Kalsel dalam rangka milad komunitas mereka yang ke-8. Beberapa pedagang pentol dan minuman yang biasa berjualan di area taman budaya pun tampak ikut menyaksikannya.

Baca Juga :   ​Apresiasi yang Tertunda, FSB Kembali Laksanakan Ngofi

Paman pentol yang biasa disapa Pak Lek oleh seniman-seniman muda yang biasa mangkal di taman budaya itu, tidak hanya menyaksikan saja. Ia bahkan memberikan kritiknya selaku orang awam dan bukan seniman.

“Tetabuhannya kurang, seharusnya yang main tetabuhan itu lebih banyak lagi, jangan hanya satu orang saja,” ujarnya kepada Kabar Kalimantan saat duduk di samping gerobaknya sambil menyaksikan pertunjukkan teater tubuh itu.

Baca Juga :   Merespon Gurindam di Hutan Pinus Banjarbaru

Pementasan tersebut ternyata adalah sajian pembuka, untuk menyambut kedatangan penonton. Kemudian melalui pementasan terbuka, mereka menggiring penonton ke dalam gedung pertunjukkan.

Hafiz, Ketua Umum Dapur Teater Kalsel yang menabuh gendang dalam performing art ini mengatakan pentas yang mengejutkan penonton tersebut berjudul Tubuh Ritus. Tidak hanya sampai di situ, sebelum pintu gedung pertunjukkan dibuka, penonton lagi-lagi disambut dengan tarian. nfi/ara

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Ada Pameran Lukisan di Kampung Buku Banjarmasin

23 Oktober 2020 - 20:10 WIB

Ada Pameran Lukisan di Kampung Buku Banjarmasin

Paman Birin Buka Festival Kuntau Tingkat Provinsi Kalsel

19 September 2020 - 20:32 WIB

Merasakan “Nyanyuk” di Mess L Banjarbaru

17 Februari 2020 - 13:49 WIB

Ujian, Pentas “Nyanyuk” Kembali Digelar

13 Februari 2020 - 11:11 WIB

Mengenalkan Lamut Lewat Sendratari

2 Februari 2020 - 15:40 WIB

Euforia Kemegahan ‘Karna’

7 Januari 2020 - 14:35 WIB

Trending di Etalase