Menu

Mode Gelap

Banjarmasin · 28 Okt 2021 11:22 WIB ·

Paman Yani : Wawasan Kebangsaan Perlu Diterapkan Setiap Hari


 Paman Yani : Wawasan Kebangsaan Perlu Diterapkan Setiap Hari Perbesar

KabarKalimantan, Banjarmasin – Anggota Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi menggelar sosialisasi pembinaan Pancasila dan wawasan kebangsaan di SMA Negeri 1 Kelumpang Selatan, Rabu (27/10/2021).

Menurut Paman Yani, wawasan kebangsaan sangat bagus dilaksanakan. Bahkan, harus diterapkan sehari-hari sebagai landasan dalam mempertahankan idelogi negara.

“Kegiatan ini memperlihatkan bahwa betapa pentingnya kita sebagai warga negara yang baik harus bisa menjaga kesatuan bangsa,” tegas anggota dewan yang membidangi ekonomi dan keuangan di DPRD Kalsel itu.

Baca Juga :   Dewan Tanggapi Keluhan Pedagang Pusat Kuliner Baiman, Terkait Isu Kawasan Kuliner Tandingan

Dia juga menuturkan, setidaknya seluruh unsur aparat, pemerintahan dan lapisan masyarakat mampu menjaga kesatuan ideologinya berlandaskan Pancasila.

“Saya berpesan agar kita semua tetap menjaga kewibawaan dalam berbangsa dan bernegara. Ini penting untuk ditanamkan sebagai anti radikalisme,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Kelumpang Selatan, Muhsinin menyebutkan kalau sosialiasi pembinaan ideologi Pancasila dan pemberian materi terkait wawasan kebangsaan sangat baik ditanamkan secara lebih dalam kepada kaum milenial sebagai dasar pendidikan dan acuan untuk penguatan idealis mencintai bangsa.

Baca Juga :   Ribuan Runers Warnai Color Run Banjarmasin

“Sangat bagus, apalagi dituangkan dalam mata pelajaran khusus selain PPKN agar kedepannya generasi muda mampu menanamkan cinta terhadap negara untuk terus bela negara,” ucapnya.

Di sisi lain, Kapolsek Kelumpang Selatan Iptu Muhammad Harry Saputro, menyampaikan, seiring dengan adanya penyelenggaraan wawasan kebangsaan ini, setidaknya ideologi yang dimiliki masyarakat tidak melenceng atau bergeser.

“Seiring berjalan waktu, ideologi kita sempat bergeser. Kalau saya kasih gambaran yang terjadi di Kabupaten Kotabaru, tepatnya di Pulau Sebuku, sempat terdapat aliran sesat dan mengarah ke radikalisme,” ungkapnya.

Baca Juga :   Adipura Banjarmasin Diarak Susur Sungai

Dia mengimbau seluruh pemangku kepentingan dan seluruh lapisan masyarakat serta tokoh agama mampu memperkuat ideologinya supaya tidak mudah termakan atau terhasut isu radikalisme.

“Khususnya seluruh masyarakat dapat mensosialisasikan hal tersebut agar negara kita tercinta ini aman dan damai sentosa,” harapnya.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Program Pasar Murah Minyak Goreng dan Gula Tahap 2 Sasar 3 Kecamatan

28 November 2021 - 19:28 WIB

Para Relawan Bersihkan Puing-puing Kebakaran Bangunan Asrama Polsekta Banjarmasin Utara

27 November 2021 - 16:25 WIB

Sebuah Ruko di Bantaran Sungai Kelayan Roboh, Tujuh Orang Nyaris Tertimbun Reruntuhan Bangunan

27 November 2021 - 13:35 WIB

10 Ribu Bibit Ikan Patin Dilepas di Sungai Jelai

26 November 2021 - 12:55 WIB

Peringati Hari Guru 2021, Ini Harapan PGRI Banjarmasin

25 November 2021 - 16:02 WIB

Wakapolda Kalsel Tinjau Kebakaran Asrama Polsekta Banjarmasin Utara

24 November 2021 - 22:02 WIB

Trending di Banjarmasin