‘Panglima’ Ingatkan Lima Sumpah Karate

140

 

KabarKalimantan, Banjarmasin – Persaudaraan yang terjalin di tubuh Lembaga Karatedo Indonesia (Lemkari) Kalsel patut mendapat acungan jempol.

Tentu saja, semangat persaudaraan itu muncul karena terus dipupuk salah satunya dengan cara mempererat silaturahmi.

Pemandangan ini terlihat saat Lemkari Kalsel menggelar acara buka puasa bersama di Gedung Mahligai Pancasila, Senin (11/6). Kegiatan ini dihadiri lebih dari 300 orang yang terdiri dari majelis sabuk hitam serta para kohay alias murid.

Wakil Ketua Majelis Sabuk Hitam (MSH) Kalsel Muhammad Yus’a Shaleh menuturkan, kegiatan buka puasa bersama ini merupakan arahan dari Ketua Umum Pengurus Provinsi Lemkari Kalsel H Sahbirin Noor.

“Paman Birin selalu mengingatkan kita untuk senantiasa menjaga silaturahmi. Beliau juga berpesan kohay meningkatkan disiplin untuk kemajuan Lemkari Kalsel,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Yus’a yang akrab disapa Panglima Alam Roh ini juga menyampaikan tausiyah. Di hadapan pengurus Lemkari Kalsel dan para kohay, Panglima mengingatkan, mengenai lima sumpah karate yang harus terus dipegang teguh. “Sanggup memelihara kepribadian, sanggup patuh pada kejujuran, sanggup mempertinggi prestasi, sanggup menjaga sopan santun, sanggup menguasai diri. Itu lima sumpah kita yang harus terus kita junjung tinggi,” tegasnya.

Panglima menambahkan, dengan memegang lima sumpah karate itu, maka karateka dipastikan memiliki akhlaq yang baik. “Sebagai karateka dan seorang muslim, tak ada alasan bagi kita untuk tak memiliki akhlaq yang baik. Apalagi, pegangan kita sudah sangat jelas dalam agama serta diperkuat dengan sumpah karate,” jelasnya.

Lebih lanjut, Panglima meminta prestasi karateka Lemkari Kalsel juga harus terus ditingkatkan. “Kita punya fasilitas yang baik. Dojo di Mahligai Pancasila dan di Kiram. Ini modal bagi kita untuk meningkatkan prestasi di level nasional bahkan internasional,” katanya.

MUHAMMAD RIDHA

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here