Pansel Dirut PDAM Bandarmasih Tak Jalankan Saran, Ombudsman RI Pusat Bakal Turun Tangan

100

KabarKalimantan, Banjarmasin – Ombudsman RI Pusat rencananya akan turun tangan untuk menangani kasus maladminstrasi yang dilakukan Pansel Dirut PDAM Bandarmasih.

Ombudsman RI Pusat dijadwalkan tiba di Banjarmasin Kamis depan untuk menanyakan mengapa saran Ombudsman RI perwakilan Kalsel sampai tidak dijalankan hingga mengeluarkan surat sanggahan.

“Karena timsel belum menindaklajuti saran korektif dari kami, maka tahap berikutnya Ombudsamn RI pusat datang,” ujar Ketua Ombudsman RI perwakilan Kalsel Noorhalis Majid saat dihubungi lewat telepon seluler, Senin (14/5/2018).

Kemudian, menaggapi tudingan Pansel yang mengatakan Ombudsman RI Kalsel tidak prosedural yang mana Pansel merasa jika tahapan proses yang dilakukan tidak sesuai aturan. Noorhalis menyatakan, jika proses yang mereka lakukan sudah benar.

Sebab dalam Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 pelaksana undang-undang nomor 25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik diperbolehkan pelapor langsung ke Ombudsman atas dasar rasa tidak percaya pelapor terhadap lembaga yang dilaporkan.

Baca Juga :   Selasa, Distribusi Air PDAM Mati Total

“Umpamanya begini, ketika seseorang bermasalah dengan polisi, dia tidak percaya untuk lapor ke polisi, maka boleh langsung ke Ombudsman,” jelasnya.

Mengenai hal ini, Noorhalis berpendapat, seharusnya Pansel mengerti dan mau menjalankan saran dari Ombudsman. Dimana Walikota Banjarmasin Ibnu Sina  sudah berusaha untuk menunda pengumuman hasil seleksi yang dijadwalkan pada 7 Mei lalu untuk memberikan waktu agar persoalan ini bisa diselesaikan dengan semestinya.

“Walikota sudah menyerahkan saran Ombudmasn ke timsel. Tapi timsel belum mengambil tindakan apa-apa, mungkin kebingungan atau apa. Karena tiga nama sudah disampaikan ke walikota, semntara dua orang yang digugurkan belum diberi kesempatan,” pungkasnya.

M SYAHBANI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here