Papan Reklame Rawan Roboh, Ini Kata Ketua DPRD Kota Banjarmasin

196

BANJARMASIN, KK – Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Iwan Rusmali mengingatkan masyarakat tetap waspada dengan ekstremnya cuaca di Kalsel, terkait kemungkinan masih adanya papan reklame yang rawan roboh diterjang angin kencang, Jumat (10/2/2017).

Iwan Rusmali meminta para pengusaha penyedia reklame agar memperkuat konstruksi papan reklame di Kota Banjarmasin. Terutama papan reklame yang didirikan lebih dari sepuluh tahun.

“Harus ada pengawasan yang baik, diteliti serta dicek kembali, terutama tiang reklame yang usianya sudah sekitar 10 tahun,” ujarnya kepada Kabar Kalimantan.

Menurut dia, reklame yang sudah berusia puluhan tahun sudah pasti kontruksinya terjadi perubahan, karena diterjang angin atau kena panas dan hujan yang terus berganti setiap tahunnya.

“Biasanya, kalau reklamenya sudah roboh dan menimpa orang, pemiliknya baru sadar. Sebab, itu sudah jelas merugikan dirinya sendiri dan tentu orang lain,” ungkapnya.

Ditegaskan, bila sudah ada peringatan lantas ada reklame roboh berarti kejadian itu sudah bukan tanggung jawab Pemkot Banjarmasin. Kejadian itu menjadi tanggung jawab pemilik papan reklame.

Soal adanga kelemahan pengawasan, lanjutnya, bukan semata kesalahan dari pemkot. Tapi kesalahan terletak pada pengusaha reklame yang mencoba menyiasati agar biaya yang dikeluarkan untuk konstruksi reklamenya tidak terlalu besar.

“Kan aneh jika baru beberapa tahun terbangun langsung roboh, sedangkan yang lebih lama masih berdiri kokoh,” tutup dia. mar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here