Parade Jukung di Peringatan HUT Bhayangkara ke-72, Polda Kalsel Catatkan Rekor Dunia

KabarKalimantan, Banjarmasin – Cara unik dilakukan jajaran Polda Kalsel dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-72 yang jatuh tepat pada Minggu, 1 Juli 2018.

Ya, peringatan HUT Bhayangkara kali ini dipusatkan di Siring Pierre Tendean, Banjarmasin dengan dimeriahkan parade sebanyak 323 jukung berwarnakan merah dan putih layaknya warna bendera pusaka Indonesia yang menghiasi Sungai Martapura di kawasan itu.

Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana rupanya punya alasan tersendiri dengan melaksanakan peringatan HUT Bhayangkara di bantaran Sungai Martapura tersebut.

“Sebagaimana identitas Kota Banjarmasin yakni Kota Seribu Sungai, makanya peringatan ini sengaja kami laksanakan di bantaran sungai yang tepatnya Siring Pierre Tendean,” jelas Rachmat.

Hal yang berbeda pada peringatan HUT Bhayagkara ini pun disambut antusias masyarakat, TNI serta jajaran pejabat utama Polda Kalsel yang berhadir dan menyaksikan parade perahu jukung dalam acara tersebut.

Baca Juga :   Polisi Amankan Miras saat Razia Warung Jablay di Alalak

“Apalagi dengan perahu jukung terbanyak ini. Mungkin, ini yang pertama kali pernah terlaksana di Kalimantan Selatan,” tandas Rachmat.

Dalam peringatan HUT Bhayangkara yang juga dimaksudkan sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi antara Polri, TNI dan masyarakat tersebut, Rachmat sangat bersyukur. Pasalnya, inovasinya melaksanakan peringatan HUT Bhayangkara di sungai membuahkan penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

“Alhamdulillah, inovasi dengan menghadirkan parade jukung dalam peringatan HUT Bhayangkara ini mencatatkan rekor MURI,” ucap orang nomor satu di tubuh kepolisian Kalsel ini.

Sementara itu, Wakil Direktur Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) Osmar Semesta Susilo mengatakan, peringatan hari Bhayangkara ke-72 yang diiringi dengan perahu jukung terbanyak ini merupakan pertama kali yang pernah terlaksana sekaligus tercatatkan Rekor MURI.

“Dalam penilian kami, ada empat kategori pertama atau yang pernah terjadi, terbanyak, unik dan langka. Nah, ini kategori pertama yang pernah ada perayaan jukung terbanyak di Indonesia,” beber Osmar.

Baca Juga :   Polsek Banjarmasin Timur Tangkap Dua Pengedar Narkoba

Menurutnya, parade perahu jukung yang merupakan salah satu ikon Kota Banjarmasin pada HUT Bhayangkara ke-72 ini membuktikan kalau Polri peduli dengan kebudayaan dan masyarakat.

“Kita berharap, semoga perahu jukung ini dapat dikembangkan dengan inovasi dan inisiatif, serta dapat menjadi ikon di era globalisasi dan bisa menjadi daya tarik terhadap para turis,” timpal Osmar.

Syahbandi

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here