Menu

Mode Gelap

Banjarmasin · 18 Jun 2019 21:12 WIB ·

Parpol Diingatkan untuk Tidak Nepotisme


 Parpol Diingatkan untuk Tidak Nepotisme Perbesar

KabarKalimantan, Banjarmasin – Partai politik diingatkan untuk tidak melakukan nepotisme. Sebab, pemilihan orang bukan atas dasar kemampuannya, tetapi karena hubungan kekeluargaan merupakan pelanggaran hukum.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Banjarmasin, Kasman mengatakan, nepotisme di dalam parpol kerap terjadi. Khususnya saat proses pergantian unsur pimpinan batang tubuh parpol.

“Bahasa kerennya KKN, tapi bahasa sehari kerabat mau ikut kerja,” ucapnya di sela kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Parpol yang dilaksanakan Kesbangpol di Gedung BKD, Diklat Jalan Kayutangi II, Selasa (18/6/2019).

Baca Juga :   Warga Kelayan Luar Diberi Pendidikan Politik Pasca Pemilu

Kasman sengaja menyinggung soal kerawanan nepotisme di dalam batang tubuh parpol di hadapan para pengurus parpol se Banjarmasin. Mengingat selain melanggar hukum, hal ini juga akan berimbas terhadap kinerja parpol.

Sebut saja dalam hal pengelolaan dana parpol yang setiap tahun digunakan dari APBD kota. Pasalnya, hingga saat ini kedati sudah sering diberikan pengembangan wawasan akan tetapi masih ada saja temuan dari BPK akibat keteledoran dari pengurus parpol dalam membuat laporan keuangan.

Baca Juga :   Jalur Prestasi PPDB Online SMPN Resmi Ditutup, Ada Dua Sekolah Digandrungi Fendaftar

“Walaupun tidak banyak tapi masih ada saja yang ditemukan BPK. Contoh dana yang dibelanjakan tidak sesuai dengan peruntukannya. Ini maka menjadi temuan, harus diperbaiki bahkan dikembalikan,” jelasnya.

Kasaman mengakui, proses pergantian pengurus memang sepenuhnya hak prerogatif parpol. Dan pemerintah tidak memiliki kewenangan untuk mengaturnya. Akan tetapi yang perlu menjadi catatan apabila melakukan pergantian hendaknya parpol bisa menyesuaikan kapasitas seseorang.

Bahkan, kalau perlu parpol diminta untuk berkonsultasi dengan Kesbangpol khususnya dalam hal pengayaan  SDM yang baru direkrut. “Misalnya TU baru. Kalau memang belum paham silakan berkonsultasi ke kami. Kami siap membantu,” ujarnya.

Baca Juga :   Tunjangan Reses DPRD Banjarmasin Kategori Menengah

Dalam kegiatan tersebut ada 60 perwakilan dari pengurus parpol se Banjarmasin yang diundang dalam sosialisasi dengan mengusung tema “Pendidikan politik melalui pengembangan kapasitas partai politik” tersebut dan diisi 4 narasumber dari akademisi, KPU, MUI, dan Internal Kesbangpol sendiri.

Reporter: M Syahbani

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Program Pasar Murah Minyak Goreng dan Gula Tahap 2 Sasar 3 Kecamatan

28 November 2021 - 19:28 WIB

Para Relawan Bersihkan Puing-puing Kebakaran Bangunan Asrama Polsekta Banjarmasin Utara

27 November 2021 - 16:25 WIB

Sebuah Ruko di Bantaran Sungai Kelayan Roboh, Tujuh Orang Nyaris Tertimbun Reruntuhan Bangunan

27 November 2021 - 13:35 WIB

10 Ribu Bibit Ikan Patin Dilepas di Sungai Jelai

26 November 2021 - 12:55 WIB

Peringati Hari Guru 2021, Ini Harapan PGRI Banjarmasin

25 November 2021 - 16:02 WIB

Wakapolda Kalsel Tinjau Kebakaran Asrama Polsekta Banjarmasin Utara

24 November 2021 - 22:02 WIB

Trending di Banjarmasin