Pasar Kapuk Baru Dibersihkan, Depo Arsip Banjarmasin Segera Dibangun

1923

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kios pedagang di Pasar Kapuk Baru, Jalan Rantauan Darat, Banjarmasin Selatan dibongkar. Pemkot Banjarmasin bakal membangun Gedung Depo Arsip di lahan tersebut tahun ini.

Kepala Bidang Pasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Ichrom M Tesar mengatakan, ada 23 kios yang akan direlokasi untuk sementara dari lahan eks Kantor Camat Banjarmasin Selatan itu ke Pasar Teluk Dalam.

“Sebenarnya ada 66 kios yang ada disitu. 23 yang direlokasi mereka tertib bayar retribusi. Jadi kami pindahkan ke Teluk Dalam. Mereka semua pindahan dari Pasar Ujung Murung,” ucap pria yang akrab disapar Tesar ini, Selasa (23/4/2019).

Dia menambahkan, pedagang yang direlokasi akan ditempatkan di kios-kios kosong lantai 2 Pasar Teluk Dalam. “Deadlinenya mulai 21 April kemarin. Jadi saat ini lahan milik Pemkot itu sudah mulai bersih,” imbuhnya.

Kendati gedung Depo Arsip itu nantinya dipakai oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip, namun pembangunan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Baca Juga :   DPRD Banjarmasin Prioritaskan Pembangunan di Wilayah Pinggiran

Kepala Dinas PUPR, Arifin Noor mengatakan, jika pembangunannya sudah memasuki tahapan lelang dengan pagu anggaran senilai Rp8 miliar lebih. “Sudah dimasukkan ke ULP. Kami masih menunggu apakah berkas yang kami ajukan perlu diperbaiki atau bagaimana, kami masih menunggu,” ujarnya.

Arifin menambahkan, gedung Depo Arsip yang dibanguan dua lantai itu ditarger selesai sebelum berakhir tahun anggaran.  “Targetnya paling lambat Desember selesai. Semoga berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Ahmad Husaini sebelumnya mengemukakan, Depo Arsip tersebut difungsikan sebagai tempat penertiban arsip milik Pemkot.

“Jadi memang dibangun dua lantai. Lantai satu untuk kantor, dan lantai dua untuk arsip,” jelasnya.

Husaini mengakui, hingga saat ini arsip Pemkot masih banyak berada di SKPD terkait. Sehingga diharapkan dengan adanya gedung tersebut dokumen penting tersebut bisa tersusun dengan baik.

Baca Juga :   Lima SKPD Paling Banyak Diadukan di LAPOR Pemkot Banjarmasin

Reporter: M Syahbani

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here