Rab. Jan 27th, 2021

Pasien Tumor di Balangan Butuh Bantuan

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Yudi terkulai lemas di atas pembaringan ketika pagiat Balangan Peduli menyambangi pasien tumor itu di RSUD Balangan, Kamis (3/8/2017). Menempati rawat inap di ruang Rose 3, tubuh Yudi nampak kurus dan ringkih dengan benjolan di bagian hidung

Dokter mendiagnosa Yudi terkena penyakit tumor sinonasal. Yudi berasal dari keluarga miskin yang tinggal di Desa Auh, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan. Prihatin atas nasib Yudi, para pegiat Balangan Peduli berinisiatif menggalang dana dan mendonasikan bantuan kepada Yudi (27).

Di RSUD Balangan, kedatangan pegiat Balangan Peduli disambut langsung oleh istri pasien, Sri Eliyanti dan mertua pasien. Mengutip keterangan Sri, Yudi menderita penyakit tumor sejak lima bulan lalu dan sekali menjalani operasi pengangkatan tumor.

Menurut Sri, suaminya merupakan tulang punggung keluarga dengan dua orang anak. Yudi sehari-hari bekerja serabutan sebagai buruh pemecah batu di wilayah Pegunungan Meratus. Dari penghasilan itu, Yudi mesti menghidupi keluarganya.

“Selama suami tekena penyakit tumor, terpaksa saya menggantikan pekerjaan sebagai pemecah batu untuk menutupi biaya keperluan sehari-hari,” ucap Sri Eliyanti kepada KabarKalimantan yang ikut mendampingi Balangan Peduli ke RSUD Balangan, Kamis (3/8/2017).

Ketua Balangan Peduli, Rusdin Barhiwan, turut prihatin atas musibah yang dialami oleh Yudi. Itu sebabnya, Balangan Peduli memberikan bantuan donasi demi meringankan beban keluarga yang butuh biaya pengobatan.

“Balangan Peduli dibantu oleh OKP di Balangan akan menggalang dana dengan bakti sosial dan penggalangan donator melalui medsos untuk membantu pengobatan Yudi, penyandang penyakit tumor,” ujar Rusdin Barhiwan.

Walaupun biaya pengobatan sebagian ditanggung BPJS, kata Rusdin, pihak keluarga sangat membutuhkan uluran bantuan untuk menutupi biaya kebutuhan selama keluarga pasien mendampingi di rumah sakit. Apalagi Yudi tidak bekerja setelah rawat inap di RSUD Balangan.

Balangan Peduli menyerahkan bantuan awal sebanyak Rp 500 ribu kepada keluarga pasien. Setelah itu, Balangan Peduli akan menggelar bakti sosial di Bundaran Paringin pada Sabtu dan Minggu (5-6/8/2017). Selain aksi turun ke jalanan, Balangan Peduli membuka sumbangan donasi melalui rekening antar bank.

Menurut Rusdin, donatur bisa menyumbangkan bantuan uang lewat transfer ke nomor rekening: 013.03.01.11087.0 Bank Kalsel Cabang Paringin atas nama Balangan Peduli. “Donasi uang yang masuk pada Jumat – Minggu kami khususkan untuk saudara Yudi,” kata Rusdin.

Pihak RSUD Balangan berencana merujuk pasien Yudi ke RSUD Ulin Banjarmasin untuk penanganan operasi tumor. “Saudara Yudi yang menderita penyakit tumor akan kami rujuk ke RSUD Ulin melalui permintaan dan izin keluarga Yudi. Kami harap penanganannya berjalan baik dan lancar,” kata Kabid Pelayanan Kesehatan RSUD Balangan, Rusmilawati.

 

 

F. M Hidayatullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.