PD PAL akan Perluas Jaringan ke Banjarmasin Barat

758

KabarKalimantan, Banjarmasin – Dalam rangka memperingati HUT ke-13, Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD-PAL) Banjarmasin melaksanakan kegiatan donor darah dan tebus murah di Kantor PD-PAL, Selasa (27/8/2019).

Selain mengadakan kegiatan yang rutin tiap tahun dilaksanakan ini, PD PAL juga mewacanakan perluasan jaringan ke wilayah Kecamatan Banjarmasin Barat.

“Kami berharap, di HUT yang ke-13 ini, PD PAL semakin besar dan bisa lebih mandiri. Insya Allah tahun depan kami akan memperluas jaringan ke Banjarmasin Barat,” ujar Dirut PD PAL Banjarmasin, Rahmatullah.

Rahmatullah mengakui, memang jaringan PD PAL saat ini belum sampai Kecamatan Banjarmasin Barat. Kendalanya, pengadaan dan perluasan jaringan itu memerlukan perencanaan dan investasi yang besar.

Namun dengan adanya suntikan dana dari APBN, perluasan jaringan ini diharapkan segera terwujud. “Termasuk alat pengelolaan limbah B3 yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat. PD PAL belum punya itu,” katanya.

Baca Juga :   Pemkot Banjarmasin Komitmen Pertahankan PD PAL, Meski Cash Flow Rugi

Untuk pelanggan PD PAL Banjarmasin saat ini, kata Rahmatullah lebih dari 7.000. Itu terdiri dari perusahaan dan rumah tangga.

Pihaknya pun telah melakukan sosialisasi di Rusunawa Muara Kelayan. Hasilnya warga menyambut baik dengan adanya pemasangan jaringan PD PAL di lingkungan mereka.

“Untuk menjadi kota sehat dan layak huni, perlu pengelolaan sanitasi dan limbah dengan baik. Makanya kami berharap seluruah warga di kota ini dapat menjadi pelanggan PD PAL,” ujarnya.

Diakuinya, di dalam Perda memang termuat kewajiban setiap pelaku usaha, badan dan lembaga wajib mengelola limbah sanitasi sesuai dengan standar yang berlaku. Namun saat ini, pelaku usaha yang terdaftar ke PD PAL hanya 200 lebih.

“Tapi jika dibandingkan dengan daerah lain, Banjarmasin termasuk kota yang memiliki pelanggan PD PAL terbanyak,” terangnya.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi

Editor: Suhaimi Hidayat

Baca Juga :   Pemkot Banjarmasin Komitmen Pertahankan PD PAL, Meski Cash Flow Rugi

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here