PDAM Klarifikasi Soal Pipa yang Belum Dipindah di Jembatan Sungai Gardu I

1460
Pipa PDAM di samping Jembatan Sungai Gardu I

KabarKalimantan, Banjarmasin – Pihak kontraktor sempat menyinggung soal utilitas dekat Jembatan Sungai Gardu I yang masih belum dipindah.

Mereka khawatir keberadaan jaringan Telkom, PLN, dan pipa PDAM yang masih ada di sana menghambat proses pembangunan yang rencananya dikerjakan akhir bulan ini.

Direktur Operasional PDAM Bandarmasih, Supian mengklarifikasi terkait akan hal itu, khususnya soal pipa jaringan yang masih ada di sana. Dia mengatakan, PDAM tak ada niat untuk mengulur waktu.

Hanya saja yang menjadi masalah saat ini adalah, lahan untuk pemindahan pipa tersebut masih belum tersedia. Sehingga otomatis mereka tak bisa melakukan pemindahan.

Supian mengemukakan, secara keseluruhan PDAM sudah siap memindah pipa jaringan tersebut kapan saja.  “Dari hasil berapa kali rapat, kesepakatannya bahwa utilitas itu dipindah apabila lahannya siap,” ujarnya, Selasa (16/7/2019).

PDAM juga sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp 200 juta untuk pemindahan pipa di tiga titik jembatan, Sungai Gardu I, II, dan Sungai Lulut wilayah Banjarmasin.

“Pihak terkait katanya tak ada menganggarkan untuk pemindahan ini. Mau tidak mau kami yang tanggung biayanya. Tapi dari dulu memang bebannya selalu di kami,” jelasnya.

Lebih kanjut  Supian menjelaskan, proses pemindahan pipa dilakukan dengan cara pindah ganti. Pipa diameter 200 dan enam inci yang ada disana nantinya dipotong dan diganti baru.

Pipa baru nantinya dipasang terlebih dahulu di lokasi yang sudah disediakan. “Makanya kami perlu lahannya bersih dulu. Untuk menggeser itu ga bisa karena masih ada bangunan warga,” imbuhnya.

Kendati cukup banyak makan biaya, hal itu tak menjadi masalah. Yang terpenting ujar Supian cara pemasangan itu lebih efektif dan efisien waktu. “Kalau ga begitu makan waktu lama,” pungkasnya.

Reporter: M Syahbani

Baca Juga :   Idap Gagal Fungsi Ginjal, Siti Aisyah Inginkan Kesembuhan Anaknya

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here