PDAM Kotabaru akan Buat Sumur Bor di 5 IPA

2 min read
2.117

KabarKalimantan, Kotabaru – Mengatasi musim kemarau dan kekurangan air bersih di wilayah Kecamatan Pulau Laut Utara dan Kecamatan Pulau Laut Sigam, PDAM Kotabaru akan membuat bor yang dapat menghasilkan 20 liter air perdetiknya.

Plt Direktur PDAM Kotabaru Tri Basuki mengatakan, 5 subur bor yang akan dibangun tersebut yakni di IPA Gunung Ulin, IPA Gunung Reli, IPA Gunung Sari, IPA Gunung Perak dan IPA Mandin.

“Dalam pembuatannya sumur bor tersebut, kami akan menggunakan tekhnologi canggih. Jadi, konsep ke depan yang akan kami bangun tersebut akan menggunakan instalasi pol air, dengan kekuatan yang menghasilkan 20 liter air perdetiknya,” ujar Tri Basuki, Kamis(9/9/2021).

Baca Juga :   Datangi Kemenpan-RB, Ini yang Dibahas Jajaran Pemkab Kotabaru

Pembuatan sumur bor di 5 IPA tersebut, lanjutnya, untuk mempersiapkan persediaan air pada saat musim kemarau. Sehingga saat musim kemarau tiba, pelanggan PDAM tidak akan susah untuk mendapatkan air bersih.

“Air dari sumur bor itu nantinya akan kita suntikan ke saluran transmisi dan akan diolah di water treatment atau Instalasi Pengolahan Air (IPA), sehingga menjadi air baku yang kualitasnya baik dan aman. Setelah itu baru kami distribusikan ke pelanggan,” ungkap Tri Basuki.

Selain itu, tambahnya lagi, di sisi PDAM Kotabaru akan mendapatkan tambahan kesediaan air baku dan dapat menyalurkan ke pelanggan, dan di satu sisi akan mendapatkan penjualan air bersih kepada pelanggan.

Baca Juga :   Sayed Jafar Ajak Masyarakat Amalkan Kandungan Alquran

“Pembuatan 5 buah sumur bor tersebut merupakan program PDAM untuk jangka menengah, sedangkan jangka pendeknya kami akan melakukan pembuatan 30 buah sumur bor di wilayah Kecamatan Pulau Laut Sigam dan Pulau Laut Utara,” jelasnya.

Dari 30 buah pembuatan sumur bor itu, lanjutnya lagi, sudah ada 4 buah yang selesai terbangun di tahun 2021 ini dan airnya sudah dinikmati masyarakat, dan saat ini sudah masuk tahap ke 5 pembangunan sumur bor yang berada di wilayah Kecamatan Pulau Laut Sigam.

Baca Juga :   Nurwahidah Tak Tahu yang Ada di Hadapannya Bupati Kotabaru

“Untuk mencapai target agar 30 buah sumur bor tersebut selesai semua, kami akan bekerjasama dengan pihak perusahan0 salah satunya Sebuku Tanjung Coal di Pulau Laut Tengah,” bebernya.

Ia bersyukur, di titik yang telah ditentukan, masyarakat mau memberikan hibah tanah seluas 3×2 meter untuk pembuatan sumur bor, sehingga dalam pembuatannya tidak ada kendala permasalahan tanahnya.

“Untuk 30 buah sumur bor itu nanti, pengelolaannya tetap di bawah pengawasan PDAM. Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak kita kehendaki,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *