Menu

Mode Gelap

Kotabaru · 29 Des 2017 21:41 WIB ·

PDAM Kotabaru Tambah Infrastruktur IPA dan IKK Cantung


 Bupati Kotabaru Sayed Jafar meresmikan IPA dan IKK Cantung, Kamis (28/12/2017). Istimewa Perbesar

Bupati Kotabaru Sayed Jafar meresmikan IPA dan IKK Cantung, Kamis (28/12/2017). Istimewa

KabarKalimantan, Kotabaru – Bupati Kotabaru H Sayed Jafar SH meresmikan operasional instalasi pengolahan air (IPA) Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM), instalasi kota kecamatan (IKK) Cantung, Kecamatan Kelumpang Hulu, Kotabaru, Kamis (28/12/2017).

Hadir dalam peresmian Direktur PDAM Kotabaru Noor Ipansyah beserta jajaran, beberapa kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Forkopinda tingkat kecamatan dan tokoh masyarakat Kecamatan Kelumpang Hulu.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar SH mengatakan, air bersih merupakan kebutuhan dasar manusia yang memberikan dampak langsung terhadap kesejahteraan fisik, sosial dan ekonomi.

Menurut dia, ketersediaan air bersih sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Bukan saja untuk konsumsi rumah tangga, tapi juga berbagai kebutuhan lainnya. Termasuk keperluan masyarakat yang bernilai ekonomis.

“Artinya dari sudut manapun ketersediaan air bersih bagi masyarakat sangatlah penting,” kata Bupati Kotabaru.

Karana itu, jelas Bupati lagi, pembangunan infrastruktur penyediaan air bersih menjadi salah satu prioritas utama pembangunan. Ia menambahkan, Pemkab Kotabaru dalam setiap melaksanakan pembangunan selalu berupaya memberikan pelayanan maksimal, terlebih penyediaan air bersih.

Baca Juga :   DPRD Kotabaru Gelar Paripurna, Bahas Penyesuaian Anggaran untuk Disinergikan dengan Pemerintah Pusat

Apalagi kabupaten Kotabaru memiliki wilayah cukup luas, serta memiliki 21 kecamatan dan 198 desa 4 kelurahan. Menjadi tantangan tersendiri dalam penyediaan air bersih bagi masyarakat.

“Ada dua infrastruktur penting di dalam masyarakat dan harus diperbaiki. Yaitu permasalahan air bersih dan listrik,” ujarnya.

Maka dari itu, Sayed Jafar berharap instansi teknis serius dalam pengelolaan pemenuhan kebutuhan air bersih kepada masyarakat. “Karena air diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat,” imbuhnya.

Sayed Jafar juga menekankan, pentingnya pengembangan penyelenggaraan penyediaan air bersih melalui peningkatan kapasitas, tidak kecuali perluasan jaringan pelayanan.

Kini dengan telah diresmikan dan segera dioperasikannya IPA IKK Cantung yang memiliki kapasitas 20 liter/detik. Bukan saja dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, tapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Baca Juga :   Dampak Kemarau, Debet Air Waduk Gunung Ulin Menurun

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak terkait,” katanya.

“Semoga dengan peresmian IPA ini dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta menjamin ketersediaan kebutuhan pokok yakni air bersih yang memenuhi syarat kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan keterjangkauan bagi seluruh masyarakat,” tandasnya. (*)

Direktur PDAM Kotabaru Noor Ipansyah mengatakan, selain penyediaan fasilitas atau infrastruktur. Peningkatan layanan air bersih terus dilakukan secara kontinyu. Setelah membangun embung tirawan pada tahun 2016 yang lalu untuk menambah kapasitas air baku.

Pada tahun 2017 ini pihaknya juga telah melakujan rehab pengolahan air yang lama. Di samping penambahan kapasitas pengolahan masing-masing di Gunung Relly 50 liter/detik dan penambhan di IKK Cantung 20 liter/detik.

Baca Juga :   PDAM Kotabaru Terancam Bangkrut

Sehingga dengan penambahan debit air baku dan penambahan kapasitas pengolahan, trauma musim kemarau yang sering melanda akan berangsur-angsur bisa diatasi. “Ditambah lagi sudah ditargetkan pada tahun 2018 dan 2019 pembangunan embung Gunung Perak dan penambahan kapasitas pengolahan di wilayah lainnya,” katanya.

Dengan harapan pada tahun 2020 kabupaten Kotabaru, khususnya di wilayah Pulaulaut Utara akan bisa lepas dari krisis air bersih.

“Dari segi layanan yang dikelola oleh PDAM juga dituntut harus lebih profesional dan mengedepankan kepentingan pelanggan. Karena tarif air bersih sudah tidak sama lagi dibanding tahun sebelumnya,” jelasnya.

Dimana sejak januari 2018 ini terhadap golongan A3 ke atas sudah ada kenaikan. Walaupun kenaikannya belum mencapai full Cost Recovery (FCR)/pemulihan biaya penuh.

ARDIANSYAH

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Para Korban Tanah Longsor di Maradapan Mendapat Bantuan dari Kemensos dan Pemkab Kotabaru

3 Desember 2021 - 20:56 WIB

Polres Kotabaru Kirimkan Bantuan Logistik untuk Korban Banjir HST

1 Desember 2021 - 18:13 WIB

Kabid Komunikasi Publik dan Persandian Diskominfo Kotabaru Kunjungi PWI Kalsel

1 Desember 2021 - 18:02 WIB

Chairil Anwar Acungkan Jempol terhadap Cara Bidan dan Perawat Puskesmas Tanjung Selayar dalam Memberikan Vaksinasi kepada Warga

30 November 2021 - 23:45 WIB

Syairi Mukhlis Ucapkan Terima Kasih Kepada Lemkapi yang Telah Memberikan Penghargaan kepada Polres Kotabaru

30 November 2021 - 23:43 WIB

Empat Hari, 1.000 Dosis Vaksin Habis di Pulau Laut Tanjung Selayar

30 November 2021 - 20:57 WIB

Trending di Kotabaru