Kam. Apr 9th, 2020

PDP ULIN 01 Positif Terinfeksi Corona

2 min read

KabarKalimantan, Banjarbaru – Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian dan Penanganan (P3) Covid-19 Kalimantan Selatan M Muslim menegaskan, satu pasien dalam pengawasan (PDP) positif terinfeksi virus corona.

Hal tersebut disampaikannya dalam konfrensi pers di Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Banjarbaru, Minggu (22/3/2020).

Muslim mengatakan, dinyatakannya pasien PDP positif corona tersebut diketahui dari hasil uji laboratorium Litbang Kemenkes RI. Pasien dengan kode ULIN 01 tersebut sebelumnya telah dirawat selama sepekan di RSUD Ulin Banjarmasin.

“Pasien merupakan PDP ULIN 01 yang merupakan warga Banjarmasin, laki-laki dan berusia sekitar 40 tahunan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel ini.

Ia menjelaskan, dari data perjalanan PDP ULIN 01 diketahui sempat melakukan perjalanan ke luar daerah, yakni Yogyakarta dan Bali.

“Untuk itu, tim akan melakukan tracking atau penelusuran dengan siapa saja pasien kontak sebelum dirawat. Terutama di sekitar tempat tinggal dan tempatnya beraktivitas,” ucap Muslim.

Hingga saat ini, lanjut Muslim, total ada 6 orang yang dirawat di RSUD Ulin, termasuk 1 pasien positif dan 362 ODP. “4 PDP yang sebelumnya sudah dirawat dan 1 lagi baru masuk tadi malam, tak lama setelah status siaga darurat yang berlaku sejak 16 Maret lalu dinaikkan menjadi tanggap darurat,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menjelaskan, satu orang positif mengidap corona hari ini merupakan kasus pertama, setelah pemerintah provinsi menaikkan status tanggap darurat Covid-19.

“Kita mendapat informasi dari 5 hasil pemeriksaan yang kemarin, didapatkan hari ini 1 positif. Kita perintahkan untuk siaga antisipasi pencegahan status tanggap darurat dengan melakukan hal-hal preventif,” ujar gubernur yang akrab disapa Paman Birin usai melakukan teleconference bersama seluruh bupati dan walikota se-Kalsel.

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.