Rab. Sep 30th, 2020

Pelabuhan Laut Pulau Sebuku Dinilai Layak

1 min read

FGD Pelabuhan laut di Pulau Sebuku, Kotabaru, Rabu (13/12/2017). Redkal.com

KabarKalimantan, Kotabaru – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan lewat UPP Sebuku menggelar review studi kelayakan pembangunan pelabuhan laut di Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala kantor UPP kelas III Sebuku, Kapten Raman, mengatakan pihaknya ingin mereview atas pengerjaan pelabuhan yang sudah berjalan pada 2011. Pemerintah pusat menggarap proyek tersebut. Melihat dokumen yang dipaparkan konsultan, Raman berasumsi proyek itu sangat layan di Pulau Sebuku.

“Karena sangat bermanfaat sekali bagi warga disana untuk pertumbuhan perekonomiannya,” ujar Raman FGD proyek tersebut di Grand Surya, Rabu (13/12/2017).

Seorang konsultan proyek, Anto, mengatakan kelanjutan proyek pelabuhan di Pulau Sebuku sudah melalui mekanisme uji kelayakan. Pihaknya melakukan studi kelayakan selama enam bulan, mulai ekosistem laut sampai lokasi pembangunannya.

Dari hasil studi selama enam bulan di wilayah proyek, Anto memastikan tidak ada terumbu karang dan ekosistem laut di sekitar lokasi pelabuhan. Alhasil, ia menjamin proyek pelabuhan sangat layak dibangun di sana.

Baca Juga :   KM Makmur Rejeki Karam, Satu Tewas dan Enam Hilang

Proyek itu punya panjang jembatan pelabuhan sekitar 700 meter dengan panjang dermaga sekitar 50 meter. “Yang mana hanya dapat digunakan untuk kapal 350 GT ke bawah saja,” kata Anto.

Pertemuan review itu turut dihadiri oleh Perwakilan Dishub Provinsi Kalimantan Selatan Khairul Tamin, perwakilan Dinas Navigasi Banjarmasin Metty Andryani, Plt Dinas Perhubungan Kotabaru Nur Viza dan seluruh kepala satuan kerja teknis.

ARDIANSYAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.