Pelajar Marabahan Bersih-bersih Massal

163
KabarKalimantan, Banjarmasin– Pemerintah Kabupaten Barito Kuala kembali melaksanakan kegiatan Jumat Bersih di Kelurahan Marabahan Kota, Jumat (11/82017). Gerakan ini diikuti oleh para kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah, Aparatur Sipil Negara lingkup Pemerintah Kabupaten Batola, Forum Komunitas Hijau, dan para pelajar SLTP dan SLTA se-Marabahan Kota.
 
Kegiatan diawali dengan senam bersama yang sudah rutin dilaksanakan setiap Jumat di kantor Pemkab Batola. Beres senam pagi, mereka membagikan tas ramah lingkungan sebagai pengganti plastik kresek, serta bakul dan sapu lidi. Wakil Bupati Batola, Ma’mun Kaderi melepas kegiatan Jumat Bersih dengan pengibaran bendera.
 
Rute bersih-bersih dimulai dari halaman Kantor Pemkab Batola – terminal Marabahan – Jalan Veteran – Pasar Wangkang – Pasar Marabahan dan berakhir di halaman kantor Pemkab Batola. Peserta memunguti sampah di sepanjang rute bersih-bersih serta membagikan selebaran himbauan kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Fahriana mengatakan, gerakan ini mendorong agar pelajar peduli terhadap lingkungan. Lewat cara ini, ia berharap ada kesadaran sejak usia remaja untuk peduli menjaga lingkungan. “Jadi yang bergerak hari ini lebih banyak kepada pelajar,” ujar Fahriana.
 
Selain memperingati Hari Lingkungan Hidup yang sempat tertunda, aksi bersih-bersih dalam rangkaian menyambut Hari Kemerdekaan sekaligus syukur Piala Adipura. Fahriana berharap ada kepedulian masyarakat dalam pola pikir dan pola hidup. “Maka kita bagikan plang-plang himbauan dan kita bersih-bersih supaya mencontohkan kepada masyarakat bahwa kita peduli terhadap lingkungan,” kata dia.
 
Diananta Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here