Pelancong Mulai Kepincut Air Terjun Saratak di Kotabaru

567
Bupati Kotabaru, Sayed Jafar saat menyambangi Air Terjun Saratak. Redkal.com/ Ardiansyah

KabarKalimantan, Kotabaru – Pelancong mulai ramai berduyun-duyun menyambangi wisata air Terjun Saratak di Desa Teluk Mesjid, Kecamatan Pulau Laut Timur, Kabupaten Kotabaru. Turis lokal itu berasal dari daerah Kotabaru dan luar kabupaten yang penasaran melihat air terjun tersebut.

Destinasi wisata Air Terjun Saratak berjarak kurang lebih 20 kilometer dari pusat kota. Walaupun lumayan jauh, para wisatawan lokal asal pusat Kotabaru tidak menyurutkan niat mengunjungi lokasi tersebut.

KabarKalimantan mencoba trekking menuju Air Terjun Saratak pada Minggu (5/11/2017). Untuk sampai ke lokasi air terjun, pelancong mesti berjalan kaki sepanjang 2 kilometer melintasi hutan belantara dengan trekking jalan tanah. Kicau burung menyelusup di sela rimbun pohon.

“Tujuan kami ke sini bukan hanya sekadar berwisata, namun hendak mengetahui keindahan alam kita saja, apalagi kami baru kali pertama berkunjung ke air terjun Saratak ini,” ucap seorang wisatawan lokal, Akbar.

Baca Juga :   Kotabaru FC Bakal Lakoni Pertandingan Persahabatan Melawan Martapura FC

Kepala Desa Teluk Mesjid, Mardani, mengatakan warga sejatinya sudah menemukan Air Terjun Saratak sejak 4 tahun lalu. Namun karena akses jalannya yang sulit dijangkau, pelancong kurang berminat mendatangi lokasi itu.

Menurut dia, destinasi wisata air terjun bisa meningkatkan perekonomian warga. Itu sebabnya, warga desa sudi bergotong-royong membuka akses jalan agar wisatawan berkenan ke lokasi air terjun. Para pelancong pun mulai kepincut berkunjung ke Air Terjung Saratak sejak akses jalan mulai dibuka.

“Dapat kita lihat hari ini (Minggu,red) ada puluhan wisatawan dari daerah mana saja yang berkunjung ke sini, untuk sementara ini para pengunjung tidak kami kenakan pungutan untuk masuk ke tempat wisata Air Terjun Saratak ini,” ujar Mardani.

Seorang pelancong asal Kabupaten Tanah Bumbu, Lisa, mengaku baru pertama kali mengetahui ada wisata air terjun di Kotabaru. Sebelum ke lokasi, Lisa sempat mengontak sahabatnya untuk memastikan letak Air Terjun Saratak.

Baca Juga :   Ini Tekad Ahmad Yani Setelah Juarai O2SN Cabang Renang se-Kabupaten Kotabaru

“Ternyata benar di Kotabaru ada wisata air terjun yang lokasinya berada di Desa Teluk Mesjid, Kecamatan Pulau Laut Timur,” Lisa berujar.

Ia pun memanfaatkan libur akhir pekan dengan melancong ke lokasi air terjun. Agar tidak tersesat, Lisa mengajak sahabatnya di Kotabaru sebagai guide. Lisa merasakan lelah ketika melintasi akses jalan naik-turun di tengah hutan menuju air terjun.

“Namun rasa cape tersebut hilang seketika setelah kami sampai ketujuan kami disini tempat wisata air terjun, dan tidak disangaka di lokasi air terjun kami bertemu Bapak Bupati Kotabaru,” ujar Lisa.

ARDIANSYAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here