Kam. Okt 1st, 2020

Pelantikan SOPD Baru Molor

2 min read

BANJARMASIN, KK – Pelantikan Eselon II, III, Lurah, dan tenaga teknis di Pemerintahan Kota Banjarmasin yang dijadwalkan pukul 08.30 Wita, molor hingga hampir satu jam, Sabtu (31/12/2016).

 

Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah bersiap sejak lama pun mulai ada yang keluar barisan dan mencari tempat untuk duduk sejenak sambil berbincang dengan pejabat yang lain. Bahakan ada salah satu pejabat yang mengipas-ngipaskan tangannya, mengisyaratkan kepada wartawan bahwa ia sudah kepanasan.

 

Saat dikonfirmasi terkait keterlambatan tersebut, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, “Oh, itu hanya masalah teknis saja,” ucap pucuk pimpinan di Pemkot Banjarmasin ini usai pelantikan di lobi Balai Kota.

 

Selain itu, ia berharap penggabungan, pemecahan Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang baru dibentuk, sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016, dapat digunakan oleh pejabat Pemkot, sehingga roda pemerintahan dapat berjalan dengan sebaik-baiknya. 

 

Menyinggung masalah adanya penurunan jabatan yang terjadi, Ibnu menjelaskan bahwa yang paling banyak di Eselon III A yang turun ke III B berjumlah empat orang, dan III B ke IV A ada dua orang. Sedangkan di eselon II B ada satu orang yang diturunkan dari Kepala Dinas menjadi Kepala Bagian (Kabag).

 

Bagi yang diturunkan, Ibnu mengimbau agar mereka bersabar, sebab secepatnya posisi mereka akan dikembalikan seperti semula, mengingat di Februari 2017 ada beberapa pejabat yang pensiun. Dan yang turun akan diprioritasakan untuk mengisi kekosongan tersebut.

 

“Jika ada yang menuntut ke jalur hukum, itu hak masing-masing ASN. Silahkan saja kalau mau menempuh jalur itu. Tapi kami mengimbau supaya sedikit bersabar untuk mengikuti proses yang ada. Kami menjamin setahun ini posisi itu akan kembali. Yang perlu jadi catatan, Menurunkan itu bukan karena hukuman, bukan karena kinerjanya, bukan ada kesalahan. Tapi memang tuntutan dari susunan organisasi,” paparnya.

 

Di kesempatan yang sama, H Hamdi selaku mantan Pelaksana Tugas (Plt) Badan Kepegawaian Dearah (BKD) mengungkapkan, bahwa salah satu kepala dinas yang turun menjadi kabag yakni, mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Lili Dwianti, yang saat ini menjabat sebagai Kabag Ekonomi Setdako. Sedangkan Dinas Pariwisata diisi M Ikhsan Alhak.

 

“Itu definitif, sedangkan yang lima dinas, baik pendidikan, inspektorat, pertanian, Bappeda, dan ditambah Dinas Kesehatan itu diisi Plt semua,” imbuh Hamdi.

 

Sedangkan untuk pengisian lima instansi tersebut akan disesuikan dengan rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yaitu menggunakan seleksi terbuka yang akan dibuka pendaftarannya pada 3 Januari 2017, dan berlangsung selama 15 hari kerja (3 minggu).

 

“Tanggal 3, insya Allah akan kita umumkan selama 15 hari kerja, yang boleh mendaftar II B, III A atau mantan III A,” paparnya.

 

Sedangakan Hamdi sendiri sampai saat ini masih menjadi Asisten di Pemeritah Kota Banjarmasin. bur/ara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.