Ming. Jan 17th, 2021

Pelindo III Ingin Buat Lahan Parkir dan Peti Kemas di Lahan Pemkot Banjarmasin

1 min read

BANJARMASIN, KK – Pelindo III Banjarmasin berkeinginan menjadikan lahan milik Pemkot Banjarmasin sebagai tempat parkir dan penempatan peti kemas. Lahan itu berlokasi didekat kawasan Pelindo III.

General Manager Pelindo III Banjarmasin, Fariz Hariyoso dalam pertemuan bersama DPRD Kota Banjarmasin mengatakan, lahan itu sangat cocok dan strategis untuk dijadikan lahan parkir dan penumpukan peti kemas.

“Bukan hanya mengurangi kemacetan dengan adanya parkir truk di bahu jalan, juga bagus sebagai lahan penumpukan peti kemas,” katanya.

Menurutnya, hingga sekarang pembebasan lahan tersebut masih belum terealisasi, padahal potensi lahan itu bisa menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari penghasilan pajak parkir dan penumpukan peti kemas. “Jika terealisasi dengan pemkot, nantinya PAD Kota Banjarmasin akan bertambah,” ujarnya.

Di pihak lain, Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Suprayogi menyatakan, pembebasan lahan yang ada di depan Kantor Pelindo itu menjadi kewenangan Pemkot Banjarmasin. “Seharusnya Pemkot berani mewujudkan MoU itu, sebagai sumber lain PAD,” harapnya.

Sementara itu, anggota Komisi III DPRD Banjarmasin Matnor Ali mengatakan, pembebasan lahan yang dihuni oleh masyarakat itu mungkin tidak bisa terealisasi. “Karena APBD tahun 2017 Kota Banjarmasin tidak mengalokasikan untuk pembebasan lahan itu,” kata politisi Partai Golkar ini.

Ia menambahkan, pihaknya berharap pembebasan lahan yang pernah dianggarkan di 2012 dan 2013 lalu itu dapat dilanjutkan kembali. “Peluang ini akan kami kawal dan berharap dapat dianggarkan kembali, walaupun realisasinya bisa di 2018,” tutup Matnor Ali. mar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.