Sel. Mar 31st, 2020

Pembalakan Liar Masih Marak, KPH Tanbu: Pelaku Main ‘Kucing-kucingan’

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Sejak awal 2019 lalu, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kusan, Kabupaten Tanah Bumbu menemukan masih banyaknya praktik pembalakan liar.

Polisi kehutanan (Polhut) mensinyalir, para pelaku pembalkan liar tersebut bekerja secara kucing-kucingan. Padahal para Polhut kerap melakukan patroli rutin di kawasan hutan yang rawan jadi lahan illegal loging.

Hal itu pun membuat KPH Kusan semakin gencar melakukan razia. Beberapa waktu lalu, mereka menemukan puluhan kubik kayu rimba campuran di daerah hutan Kecamatan Sungai Danau, Mantewe dan Mangkalapi.

Sebanyak 35 kubik kayu log berdiameter 30-45 pihaknya amankan di Kantor KPH Kusan. “Kami sudah koordinasikan dengan Dishut Kalsel untuk dilakukan pelelangan, mengingat jenis kayu yang kami temukan itu mudah rusak apabila terkena hujan atau panas,” ujar Kasi Perlindungan Hutan KPH Kusan Dawan.

Saat ditanya terkait penebangan kayu (line clearing) yang dilakukan salah satu perusahaan perkebunan karet yang ada di daerah Kecamatan Mantewe, Dawan menjelaskan, pihaknya tak mengetahui persis apakah sudah selesai atau belum. “Yang pasti saat ini perusahaan itu masih melakukan penanaman karet di lokasi itu,” jelasnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.