Pembangunan Siring Sungai Secara Bertahap

425
Anggota DPRD Banjarmasin, Matnor Ali ketika wawancana di gedung DPRD Banjarmasin, Jumat (15/9/2017). dokumen Redkal.com/ Smara Aqdimul Azmi.

KabarKalimantan, Banjarmasin – Berbagai upaya dilakukan Pemkot Banjarmasin untuk menjadikan bantaran sungai yang kumuh menjadi asri dan indah, salah satunya dengan pembangunan siring di sepanjang bantaran sungai.

Anggota Komisi III DPRD Banjarmasin Matnor Ali mengungkapkan, pembangunan siring di sepanjang bantaran sungai secara bertahap. Program Pemkot tidak hanya menjadikan sungai sebagagai objek wisata, namun juga Banjarmasin sebagai salah satu sektor penyumbang PAD untuk Banjarmasin.

“Pembangunan ini dilaksanakan bertahap, sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Tidak bisa sekaligus dikerjakan,” ujar Matnor Ali di DPRD Banjarmasin, Selasa (2/1).

Matnor menjelaskan, pembebasan lahan dibebrapa titik seperti di kawasan Teluk kelayan dan Mitra Plaza juga akan dilakukan. Sedangkan dermaga di Pasar Sudimampir kemungkinan menurutnya tidak dilakukan pembebasan.

“Kalau dermaga itu akan tetap bertahan, sebagai tempat bongkar muat barang untuk memperlancar perekonomian sungai dan juga sebagai tempat angkutan sungai di Banjarmasin,” Matnor berkata.

Baca Juga :   DPRD Ingin KIS Tepat Sasaran di Banjarmasin

Selain itu, lampu penerang juga akan dipasang sepanjang siring yang sudah terbangun. Ini dimaksudkan agar tempat tersebut tidak disalahgunakan oleh sebagian masyarakat. “Misalnya dijadikat tempat berkumpulnya kaum LGBT,” katanya.

Sekrrtaris DPD Partai Golkar Banjarmasin ini menambahkan, setelah pembangunan siring, lampu penerang dipasang, baru pada tahap penanaman pohon. Sementara fasilitas lain akan menyusul.

“Insya Allah semua ini bisa direalisasikan, namun bertahap. Tidak mesti cepat, perlu perencanaan yang matang. Tidak bisa menjadi objek wisata tanpa pembenahan infrastruktur terlebih dahulu,” ujarnya.

SMARA AQDIMUL AZMI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here