Pembebasan Lahan Tiga Jembatan Sungai Lulut Disosialisasikan

487

KabarKalimantan, Banjarmasin – Pemkot Banjarmasin mulai melakukan sosialisasi kepada para warga yang mana tempat tinggalnya terdampak pembebasan guna peningkatan 3 jembatan yang ada di Kelurahan Sungai Lulut.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Banjarmasin, Ahmad Fanani Saifuddin mengemukakan, sosialisasi dilakukan tidak lama setelah pikanya menerima desain jembatan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel.

Sosialisasi dilakukan secara bertahap dikarenakan ada 3 lokasi yang dibebaskan. Untuk yang pertama, perkim menyasar warga di sekitaran Jembatan Sungai Gardu 1.

“Baru kemarin kami terima desainya. Dan langsung kami sosialisasikan,” ucap Fanani di balai kota, Rabu (13/2/2019).

Kemudian, sosialisasi dilanjutkan kepada pemilik lahan di sekitaran Jembatan Sungai Gardu 2. “Kalau untuk Sungai Gardu 2 ini rencananya sosialisasi besok,” ucapnya.

Setelah melihat desain peningkatan 3 jembatan dari pemprov tersebut, Fanani yakin jika pagu anggaran Rp30 miliar yang sudah disediakan di 2019 mencukupi. “Anggaran itu kemarin sesuai usulan pemprov,” bebernya.

Baca Juga :   Ibnu Kaget Masih Ada Pemukiman Kumuh di Tengah Kota

Sementara itu dikonfirmasi, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kalsel, M Yasin Toyib mengemukakan, dengan diserahkannya 3 desain jembatan tersebut. Diharapkan pembebasan yang dilakukan pemkot bisa segera dilakukan.

Dia menjelaskan, untuk model jembatan pengantin nantinya berjenis Girder Beton menggantikan jembatan ulin yang  saat ini banyak dinilai sudah tak layak pakai lagi. “Kalau ukuranya jembatan penganti nanti lebarnya 10 meter dan panjang 20,6 meter,” ujarnya.

Yasin berharap, dengan cepatnya pembebasan yang dilakukan tentunya akan berpengaruh dengan proses pengerjaanya nanti. “Semoga pembebasan cepat selesai. Supaya kami bisa segera bekerja,” pungkasnya.

M Syahbani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here