Pemberian Vaksin MR di Banjarmasin Belum Capai Target

KabarKalimantan, Banjarmasin – Target imunisasi campak dan Measless Rubella (MR) di Banjarmasin belum tercapai, meskipun fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menetapkan penggunaan vaksin MR halal.

Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin Anis Suroyo mengungkapkan, sejak dicanangkan pada Agustus lalu, hingga kini pemberian imunisasi campak dan MR baru dapat terealisasi 27 persen.

“Ini memang berat, target belum dapat terealisasi hingga akhir September ini. Kalau targetnya 90 persen dari 176 anak,” ujar Anis kepada wartawan kemarin, Selasa (18/9/2018).

Anis mengakui, memang di Banjarmasin belum ditemukan adanya kasus warga yang terindikasi penyakit virus dari Jerman tersebut. Namun pihaknya akan terus berupaya melakukan sosialisasi akan manfaat pemberian imunisasi MR bagi masyarakat.

“Tetap kami upayakan. Memang meskipun sudah ditetapkan halal, namun karena disebutkan bahannya terbuat dari barang yang diharamkan dalam agama Islam, dan sebagian masyarakat pun masih ragu untuk memberikan imunisasi bagi ananknya,” ungkap Anis.

Baca Juga :   Ngofi 19, FSB Datangkan Kamila Andini

Sementara itu, dari hasil kunjungan kerja, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Deddy Sophian menjelaskan, dengan adanya sosialisasi dan melibatkan instansi lain seperti MUI,  Kota Tanggerang secara bertahap mampu mencapai target pemberian vaksin tersebut.

“Kalau bisa Banjarmasin juga menerapkan pola itu. Tidak hanya sampai September saja. Ini mesti di perpanjang hingga semua anak dapat tercover imunisasi dengan gratis,” katanya.

Dia pun menginginkan adanya informasi dari Kementerian Kesehatan mengenai kejelasan vaksin MR warga di Kota Serubu Sungai ini. Sehingga warga tidak lagi memiliki keraguan untuk memberikan vaksin bagi anggota keluarganya.

“Semoga kejelasan terkait vaksin MR ini segera diumumkan. Karena kesehatan anak sangat penting,” tutup politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Smara Aqdimul Azmi

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here