Pemberian Vaksin MR di Banjarmasin Dilanjutkan

873

KabarKalimantan, Banjarmasin – Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin kembali memperpanjang pemberian vaksin Measles Rubella (MR) bagi anak-anak hingga akhir Desember 2018 mendatang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin Lukman Hakim menyampaikan, pemberian vaksin MR ini akan terus diperpanjang karena dari masa percobaan selama tiga bulan, didapatkan hasil yang kurang signifikan.

Target yang dicapai Banjarmasin baru terealiasi sebesar 53,75 persen dari total 176 ribu anak. Padahal, ujar Lukman Hakim, jika dilihat dari target nasional, itu seharusnya mencapai angka 85 persen.

“Kalau Banjarmasin sendiri sampai Oktober, memang belum mencapai target nasional. Makanya ini kembali kami perpanjang,” ucap Lukman Hakim belum lama tadi.

Pihaknya pun, kata Lukman Hakim, telah melakukan pertemuan nasional di Yogyakarta untuk mengevaluasi dan mengkaji secara akademisi tentang pemberian vaksin MR tersebut. Sehingga ini diharapkan dapat berjalan dengan baik di tiap daerah.

Baca Juga :   Ajarkan Anak Baca Alquran Sejak Dini

“Nanti ada teorinya. Jadi, pelaksanaan program ini dapat berjalan merata di seluruh wilayah. Kemungkinan ini juga akan menjadi program tahunan,” terangnya.

Ia mengakui, selama ini di Banjarmasin memang belum ditemukan kasus anak yang terjangkit virus MR. Namun bukan berarti tidak ada pencegahan lebih dini terhadap penyakit yang dapat membuat lumpuh hingga kematian tersebut.

“Inikan sebagai bentuk penceganan, tidak mesti harus ada kasus dulu baru dilakukan imunisasi. Dan pengobatannya sekarang bisa di puskesmas dan posyandu, itu gratis,” pungkasnya.

Smara Aqdimul Azmi

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here