Rab. Mei 27th, 2020

Pemekaran Dua Kecamatan di Tanah Bumbu Disetujui Kemendagri

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Usaha Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu untuk memekarkan dua kecamatan di wilayah Kusan Hilir dan Kusan Hulu telah direalisasikan pemerintah pusat.

 

Persetujuan pemekaran dua kecamatab itu tertuang dalam surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang ditujukan kepada Gubernur Kalsel dengan nomor 138.2/1559/BAK pada 31 Maret 2020.

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu H Rooswandi Salem mengatakan, usulan pemekaran dua kecamatan itu memang sudah lama dilakukan.

 

“Saat pertama kita usulkan dulu, pemerintah menerbitkan peraturan baru yang melarang adanya pemekaran wilayah. Itu lah yang membuat tertunda,” ujar Rooswandi, Rabu (1/4/2020).

 

Namun, lanjut Rooswandi, pihaknya terus mengupayakan pemekaran dua wilayah yang sangat memenuhi syarat untuk dibentuk sebagai kecamatan tersebut.

 

Setelah terbit UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemekaran kecamatan dan Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2018 yang membuka keran daerah untuk memperbolehkan pemekaran wilayah, Pemkab Tanbu pun langsung mengusulkan kembali pemekaran dua kecamatan itu.

 

“Akhir Maret tadi usulan pemekaran dua kecamatan itu pun disetujui,” terangnya.

 

Menurutnya, realisasi pemekaran dua kecamatan itu tentunya dapat membantu mendongkrak kesejahteraan masyarakat setempat. “Di sisi lain, pembangunan infrastruktur yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah juga dapat berjalan maksimal,” ucapnya.

 

Terpisah, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Tanbu Kadri Mandar mengatakan, rencananya pada April ini pihaknya akan mengajukan surat pemekaran dua kecamatan ini ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat agar segera dibuatkan Perdanya.

 

“Kalau sudah disahkan DPRD, pemerintah daerah akan langsung meneruskan surat pemekaran ini ke Kemendagri melalui Gubernur Kalsel agar dua wilayah pemekaran kecamatan ini mendapatkan nomor kode wilayah,” ungkapnya.

 

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.