Pemekaran Kabupaten Gambut Raya Kembali Menguat

645

KabarKalimantan, Banjarmasin– Terhitung dalam kurun 18 tahun sejak Musyawarah Besar Penuntutan Pemekaran Kabupaten Gambut Raya pada 1999 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Gambut, para tokoh penuntutan pemekaran Kabupaten Gambut Raya, berencana menggelar mubes ke-2. Lama meredup, kasak-kusuk pemekaran Kabupaten Gambut Raya kembali menyeruak.

Seorang inisiator pemekaran Kabupaten Gambut Raya, Aspihani Ideris, merencanakan pembentukan panitia pelaksana musyawarah besar (mubes). Melalui rapat kilat di WhatsApp Group Gambut Raya, Aspihani sudah sepakat pembentukan panitia Mubes Gambut Raya pada Ahad pekan depan, 27 Agustus 2017. Rapat bertempat di Rumah Makan Banua, Jalan Pamanjatan Kilometer 17 Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar.

Pembentukan panitia mubes bermaksud mempersiapkan secara matang Mubes Gambut Raya ke-2. Menurut Aspihani, pembentukan panitia nantinya dapat menentukan kapan dan dimana akan digelar Mubes Gambut Raya Ke-2.

“Kami akan mengundang banyak tokoh-tokoh yang berasal dari enam kecamatan dan 105 desa/kelurahan yang mau mekar ini,” ujar Aspihani lewat keterangan tertulis kepada KabarKalimantan, Ahad (20/8/2017).

Setali tiga uang, tokoh inisiator pemekaran Kabupaten Gambut Raya, H Suripno Sumas, mengatakan sudah semestinya penuntutan pemekaran Gambut Raya kembali bangkit.

“Insya Allah dengan terbentuknya kepengurusan penuntutan pemekaran Gambut Raya akan datang ini, saya optimis pemekaran yang kita niatkan akan terkabul,” kata anggota DPRD Kalimantan Selatan itu.

Berbicara syarat pemekaran, kata Suripno, Gambut Raya punya luas wilayah sekitar 50.180 hektar. Radius luasan itu terdiri atas enam kecamatan: Gambut, Sungai Tabuk, Kertak Hanyar, Aluh-Aluh, Beruntung Baru, dan Tatah Makmur, yang membawahi 105 desa/kelurahan.

“Daerah kami sudah mulai maju,  menjamurnya perumahan, perhotelan, dan universitas juga sudah bermunculan. Apalagi yang kurang dari persyaratan yang ada? Semuanya sudah terpenuhi,” kata Suripno.

Diananta Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here