Pemerintah Desa Saring Sungai Bubu Bangun Saluran Air Bersih dari Dana Desa

105

KabarKalimantan, Batulicin – Manfaat dana desa yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu pada 2019 ini benar-benar dirasakan masyarakat Desa Saring Sungai Bubu, Kecamatan Kusan Hilir.

Pasalnya, salah satu sasaran pembangunan menggunakan dana desa tersebut, yakni pembuatan saluran air bersih untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga setempat sudah terbangun kokoh. Bahkan, sebanyak 50 kepala keluarga (KK) sudah merasakannya.

“Dari lima RT yang ada di Desa Saring Sungai Bubu ini, sudah dua RT yang mendapatkan saluran air bersih, yaitu RT 3 dan RT 5. Sedangkan sisanya, kami targetkan pada 2020 mendatang,” ujar Kepala Desa Saring Sungai Bubu Bustani, Kamis (31/10/2019).

Ia menjelaskan, pembuatan saluran air bersih ini termasuk salah satu dari enam kegiatan pembangunan menggunakan kucuran dana desa sebesar Rp 1,5 miliar dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu pada 2019 ini.

“Enam kegiatan itu yaitu, pembangunan jalan usaha tani, poskesdes, bedah rumah, jembatan, sekolah TK dan PAUD serta 7 titik sarana air bersih. Nah rencananya, 7 titik sarana air bersih ini akan kami rampungkan tahun depan,” ucapnya.

Sementara itu, Raji salah salah satu warga Desa Saring Sungai Bubu mengaku sangat senang dengan terbangunnya saluran air bersih ini. “Selain sangat bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari, jaraknya pun  sangat dekat dengan rumah saya,” pungkasnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here